-->

Author Details

Polres Nganjuk : Sinergi, Kordinasi Satlantas Polres Nganjuk dengan PSC 199 Nganjuk.

Tuesday, November 26, 2019, November 26, 2019 WIB Last Updated 2019-11-27T05:38:14Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Nganjuk, radar merah putih. Com -  Berada di ruang rapat  lantai II  RSU Nganjuk.  Satlantas Polres Nganjuk gelar kordinasi dengan PSC 119 Nganjuk,  Rabu ( 27/11/2019) .

Hadir dalam kegiatan ini,  Wakapolres ( kabag sumberdaya manusia)  Kompol Sujitno mewakili Kapolres Nganjuk, Direktur Utama Rs Ngnajuk dr.FX Teguh Pratikno , kepala dinas Kesehatan Nganjuk dr. Noercholies , kepala Puskesmas se Kabupaten Nganjuk,  kepala bidang,   seluruh dokter dan instansi RSU Nganjuk, serta seluruh anggota  PSC 119 Nganjuk.

Acara diawali dengan pembukaan,  menyanyikan lagu Kebangsaan,  dia , sambutan,  serta Praktek penanganan pertama yang harus dilakukan pihak psc,  dan terkahir  dialog kusus dari pihak RSU Nganjuk,  Polres,  Dinas Kesehatan dengan para dokter, Kepala puskesmas dan anggota PSC.


dr. Hendriyanto kepala bidang pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan Nganjuk,  " Kriteria gawat darurat yang harus segera ditangani  " dengan psc 119 karena aplikasinya belum terealisasi  dan karena anggaran yang dibutuhkan cukup lumayan banyak,  sehingga kami menggunakan aplikasi sijarimas yang artinya,  aplikasinya kita jadikan satu dengan kegawat daruratan yang lainya,  seperti gawat darurat ibu dan anak juga gawat darurat yang lainya.  " jelas


" Harapan kami  adanya kepedulian masyarakat,  agar adanya penanganan pada ( anak jalanan,  dll) untuk hotline 119 masih menggunakan telf rumah /biasa.dan ambulanced yang hingga saat ini masih sangat minim dan kita sangat membutuhkan,  " tambahnya.


Dalam sambutanya, Noercholies menyampaikan ," psc 119 adalah tim layanan penanagan awal (kedaruratan) pada laka lantas. Awalnya Kapolres yang dulu,  bahwa di RS Nganjuk harus ada penanganan awal atau darurat pada laka lantas,  dan disini debenarnya kami butuh armada sebagai penanagan pertama pad laka , diawali dari masing masing puskesmas yang ada ada di kabupaten nganjuk  sehingga untuk penanganan di RS bisa berkurang,   dan penanganan pada laka di masing masing sektor Polsek bisa teratasi dan terlayani dengan cepat ," kata Noercholies.

" Dan pihak kami sudah mempersiapkan aplikasi  untuk layanan darurat pada laka lantas kususnya di kabupaten Nganjuk,  dan kedepan kami berharap ada perbaikan perbaikan untuk penanganan pelayanan darurat pada laka lantas. " ungkap Kepala dinas Kesehatan Nganjuk

Pada kesempatan yang sama,  Kompol Sujitno mewakili Kapolres AKBP Handono Subiakto, " sesuai apa yang disampaikan kepala dinas kesehatan,  bahwa PSC 119 ini bukan hanya untuk penanganan pada laka lantas saja namun juga penangan darurat lainya,  seperti kalau ada orang meninggal ( dijalan)  yang menangani polisi,  sehingga kami berharap adanya kerjasama yang baik dengan tim psc 119 nganjuk, " ungkap kabag SDM polres Nganjuk.

" Dengan PSC ini marilah kita wujudkan sinergitas kita antara polisi,  dinas kesehatan,  rumah sakit,  serta masyarakat " ujarnya saat membuka acara kordinasi Satlantas  Polres Nganjuk dengan PSC 119 Nganjuk di lantai II RSU Nganjuk, siang ini.


Menurut  Ipda Gino SH Kasatlantas Polres Nganjuk diakhir  acara kepada radar merah putih , " Tujuan untuk mengurangangi fatalitas lakalantas dan Menyelamatkan korban laka lantas,  " jelas Gino

Dalam materi  yang disampaikan  Gino ," Penanganan awal dari lakalantas , saya berharap kepada adik adik PSC  119 ini  agar saat awal penangananya diutamakan korban dan pada sekitar tubuh korban diberi tanda garis putih ,  "tambah  Gino.

"selain penaganan pada psc 119 ini juga harus ada penanganan  atau laporan olah tkp ,  apakah laka itu kecelakan murni,  pembunuhan atau bunuh diri,  disini kita ajak kerjasama PSC dengan polisi,  agar kedepan dalam penanganan laka lantas tidak hanya di evakuasi saja tapi harus ada olah tkp yang artinya harus ada penanganan secara intensif , atau lebih jeli ." tambah gino.

Usai memberikan materi,  Gino Kasatlantas memberikan praktek langsung kepada angota psc 119,  agar dalam penanganan pertama pada  laka lantas,  terlebih dahulu untuk korban agar diberi tanda  atau garus putih  ( pilok putih) , dengan tujuan agar dari pihak polisi bisa dengan mudah meng olah tkp kejadian laka tersebut.

Acara dilanjut dengan dialog antara pihak RSU Nganjuk,  Dinas Kesehatan,  Puskesma dengan seluruh anggota PSC 119 nganjuk ( siwi) 


Komentar

Tampilkan

Terkini