Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda , Nganjuk Jadi Kota Sehat .



Nganjuk, radar merah putih . com-Pemrerintah Daerah kabupaten Nganjuk kembali meraih penghargaan dari kementrian  Dalam Negeri Serta Kementrian Kesehatan  , kali ini penghargaan yang diraih Nganjuk  adalah penghargaan Swasti Saba Wiwerda, Selasa 19 November 2019 di Jakarta.

Pengharagaan tersebut diterima langsung oleh bupati Nganjuk,  Novi Rahman Hidayat  atau yang kerap dengan sapaan mas bupati.

Sebanyak 29  Kabupaten/kota se Indonesia yang memdapat penghargaan Swasti Saba Wiwerda  tahun 2019,  salah satunya  Kanupaten Nganjuk Jawa Timur

Sebelum  penyerahan penghargaan Swasti Saba Wiwerda kepada 29 kabupaten /kota tersebut, dalam sambutanya  Menteri Kesehatan RI, Letjen. TNI (Purn.) Dr. Dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad. menjelaskan, " Kesehatan merupakan keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, setiap orang berhak atas kesehatan dan atas lingkungan yang sehat sebagaimana menjadi amanat Undang-Undang Kesehatan," ungkap Terawan diatas podium.

Selain itu juga  dalan Sambutanya Menteri Dalam Negeri, Jend. (Purn.) Prof. H. Mohammad Tito Karnavian, Ph.D, menyampaikan bahwa, " topik kesehatan merupakan isu strategis dan sentral dalam rangka mendukung program prioritas pembangunan nasional yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam menghadapi bonus demografi," jelasnya.

Lebih lanjut “Dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat dilakukan setiap dua tahun sekali dan akan diberikan penghargaan Swasti Saba bagi Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan dan mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota Sehat,“ tambah Tito Karnavian.

Terpisah,  usai menerima penghargaan tersebut Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, M.M., mengungkapkan , " ucapan banyak terimakasih kepada seluruh rakyat Nganjuk,  juga OPD terkait yang sudah bekerja keras untuk mewujudkan Nganjuk menjadi Kabupaten Sehat,  sehingga di tahun 2019 ini  Kabupaten Nganjuk terpilih dan lolos dalam seleksi  penilaian kota Sehat , sehingga   tahun ini  kita berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda daru Kementrian Kesehatan yang berkolaborasi deng Kementrian Dalam Negeri,  Penghargaan tersebut diraih berkat kerja keras semua pihak di Kabupaten Nganjuk dalam menjaga lingkungan sehat ," ungkap Mas Bupati kepada  media /humas. ( adv /siwi)  .

Post a Comment

0 Comments