-->

Author Details

Perumda TIR KAN Menerima Penghargaan · BUMD JATIM AWARD 2019

Thursday, December 19, 2019, December 19, 2019 WIB Last Updated 2019-12-20T02:12:08Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



· malang,  radar merah putih com - Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017, bahwa tujuan pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah, menyelenggarakan kemanfaatan umum dan memperoleh laba. Tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan BUMD, khususnya yang bergerak dalam penyelenggaraan Air Minum sangat pesat, yang Dapat diketahui dari penilaian kinerja yang dilakukan oleh BPKP dan dipublikasikan oleh BPPSPAM. Selain itu, inovasi dalam rangka kemudahan layanan dan percepatan pertumbuhan juga semakin beragam.


· Menurut Dirum melalui Kabag umum kepada awak media (20/12) “Dalam    rangka memotivasi dan mengapresiasi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan “BUMD JATIM AWARD TAHUN 2019”, yang dibuka untuk semua BUMD dari semua bidang Usaha, baik yang berada dalam binaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Selain itu, Untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut, tahap pertama, peserta harus menyerahkan profil perusahaan, yang menggambarkan strategi bisnis, capaian kinerja, terobosan kebijakan, kontribusi kepada pemerintah daerah, inovasi dan juga prestasi yang telah diraih. Pada tahap tersebut, Perumda Tirta Kanjuruhan (dahulu PDAM Kabupaten Malang), berhasil masuk dalam nominasi dan dilanjutkan dengan tahapan verifikasi oleh dewan Juri pada tanggal 3 Desember 2019. 


· Sedangkan Pada tahap verifikasi, Perumda Tirta Kanjuruhan mempresentasikan perkembangan perusahaan dari aspek pendapatan, laba bersih, dan jumlah pelanggan yang cukup siqnifikan. Disamping itu juga disampaikan kontribusi perusahaan kepada pemerintah Daerah, meliputi setoran PAD, program CSR untuk mendukung program pengentasan kemiskinan, bantuan kekeringan dan juga sistem perlindungan lingkungan yang terintegrasi dengan instansi pemerintahan lainnya.


· Lebih jauh Wahyu menambahkan “ kesempatan yang sama, Perumda Tirta Kanjuruhan juga menyampaikan beberapa inovasi dan unggulan, yaitu Air Minum Dalam Kemasan Tirta Kanjuruhan dan aplikasi SIPIKA. Aplikasi SIPIKA merupakan layanan online bagi pelanggan yang baru dilaunching oleh Bupati Malang pada tanggal 4 Nopember 2019 lalu. Dengan Aplikasi SIPIKA ini diharapkan pelanggan bisa mendapatkan layanan yang lebih mudah, mudah, cepat dan akurat. Dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur, Perumda Tirta Kanjuruhan juga memanfaatkan peluang-peluang investasi, antara lain dengan mengikuti Program Hibah Air Minum APBN, Program bantuan jaringan perpipaan dan juga kerjasama investasi dengan Badan Usaha Bidang Perumahan dan


Permukiman. Dengan strategi tersebut, saat ini jumlah pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan telah mencapai 125.678 SR.


· Perumda Tirta Kanjuruhan juga memiliki sederetan prestasi baik tingkat regional maupun nasional. Dengan keberhasilan tersebut, Perumda Tirta Kanjuruhan mendapatkan apresiasi “BUMD Jatim Award Tahun 2019” sebagai Pemenang Terbaik II Kategori PDAM Kabupaten/Kota se Jawa Timur, yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur pada hari Selasa, 17 Desember 2019 di Hotel Sangrila Surabaya. pungkas wahyu. (ih/hm)

Komentar

Tampilkan

Terkini