-->

Author Details

Wabup Nganjuk, Kembangkan Produk Unggulan Buah Rambutan

Thursday, December 5, 2019, December 05, 2019 WIB Last Updated 2019-12-06T03:44:58Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Nganjuk,  radar merah putih com - Kabupaten Nganjuk kususnya wilayah Kecamatan Ngetos Desa Ngetos adalah penghasil buah rambutan , duku juga Durian.

Setiap tahun puluhan ribu ton rambutan dihasilkan daerah ini. Penghasil utama buah rambutan di Kabupaten Nganjuk adalah Desa Ngetos , kecamatan Ngetos . Harga rambutan di kalangan petani seringkali tidak stabil, ketika produksi melimpah, harga rambutan bisa anjlok ke level terbawah.

Untuk menyiasati hal tersebut, hari ini, Kamis (4/12/2019)  wakil bupati Nganjuk   Marhaen Djumadi didampingi istri dan berapa tokoh masyarakat  juga pecinta buah buahan mengunujungi  Desa Ngetos penghasil buah rambutan .Kamis ( 04/12/2019).

“kunjungan ini dimaksudkan sebagai silaturahmi  kita dengan masyarakat petani penghasil buah buahan di Ngetos,  untuk mengembangkan produk unggulan daerah berbasis komoditas , " ungkap Marhaen kepada radar merah putih.

Ia pun berharap. " semoga produk unggulan buah rambutan ini bisa lebih dikenal dilur daerah. Selain itu sebagai masyarakat Nganjuk untuk lebih memilih dan membeli produk unggulan milik sendiri " kata kang Marhaen .

Untuk buah rambutan ada dua jenis rambutan binjei dan rambutan aceh,  hasil dari para petani buah di Ngetos setiap tahunya menghasilkan ratusan ton,  untuk itu sebagai masyarakat Nganjuk untuk bisa menjadikan produk milik sendiri ( rambutan Ngetos)  bisa diakui diluar daerah.

Sumarno salah satu petani  buah rambutan menyampaikan, "untuk hasil panen kita setiap tahun mencapai 10 -50  kwintal dan untuk pemasaran,  kita sudah ada yang beli ( pengepul buah)  , jadi kita tidak usah repot repot menjual sendiri , " katanya kepada media.

Dengan hasil ini kita bisa menambah incume ( penghasilan)  ,untuk kebutuhan keluarga,  dan  Alhamdulillah bisa untuk biaya hidup juga biaya sekolah anak anak, " akunya.

 Selain rambutan juga duku yang hasilnya ( rasa dan jenisnya) juga tak kalah dengan duku dari daerah lain,  juga durian  dengan rasanya yang sangat berbeda dengan hasil dari daerah lain ( sangat enak,  manis , pahit manis)  , dengan rasa pahit manis durian sangat digemari pecinta makan durian.

Diakhir perbicanganya kang Marhaen " Ayo beli buah buahan hasil produk unggulan orang orang ngetos , kita ajak  orang luar daerah untuk membeli produk Ngetos ini, " kata Kang Marhaen disore ini. ( siwi)

Komentar

Tampilkan

Terkini