Wabup Nganjuk : Yang Tidak Bisa Dibeli " Semangat " Pembinaan dan Pemantaban Wawasan Kebangsaan . - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, December 17, 2019

Wabup Nganjuk : Yang Tidak Bisa Dibeli " Semangat " Pembinaan dan Pemantaban Wawasan Kebangsaan .




Nganjuk,  radar merah putih , com - Pemkab Nganjuk melalui  Kesbangpolinmas  gelar Pembinaan dan pemantaban  wawasan kebangsaan kepada pelajar kususnya yang masih duduk di bangku SMP sederajat di Gor Bung Karno , rabu ( 18/12/2019).

Acara yang bertujuan memberikan wawasan kebangsaan kepada anak anak  ini di ikuti 2000 peserta
pelajar SMP N se Kab Ngnajuk ,dan dari MTSN/s se  Kab Nganjuk .

Marhaen Djumadi mewakili bupati Novi,  menyampaikan, " kita harus bangga menjadi orang Nganjuk,  kuta harus bangga lahir di tanah kelahiran kita Nganjuk , " kata Marhaen kepada anak anak.

" Tetap Semangat   , terus belajar, tingkatkan prestasi  ,  belajar dan menimba ilmu adalah tugas kalian sebagai anak muda,  sebagai generasi penerus , ." lanjut Kang Marhaen.

Terus memberikan semangat dan motivasi kepada anak anak untuk tetap semangat mencari Ilmu.

" Semua bisa dibeli dengan  uang , semua bisa di tukar dengan rupiah,  tapi yang tidak bisa dibeli itu Semangat kita , oleh karena itu tetap semangat  terus belajar  dan tingkatkan prestasi kalian, sesuai skill atau kemampuan kalian. " motivasi Kang Marhaen kepada anak anak.

Acara ini dimotori oleh Kesbangpolinmas  Nganjuk  , dan kegiatan ini merupakan agenda daerah .

Hadir dalam acara tersebut, kepala Dinas Pendidikan Moh Yasin,  Gunawan Widagdo Kepala BAPEDA, kepala BPBD Endro, kepala Kearsipan Sukonyono,  Camat Kota  Agos Irianto,  Imam Kepala Kesbangpolinmas , kepala SMPN,  MTSN/s  se kab Nganjuk juga 2000 peserta.

Selaku  Nara sumber dalam acara tersebut  ibu Eva Kusuma Sundari, Salah satu Anggota DPR RI komisi 10 .

Dalam urainya " Sebagai anak bangsa yang baik , kita berhak dan wajib belajar dan tetap semangat , cari jati diri dan hindari pergaulan yang bisa merugikan diri kita sendiri , " kata Eva kepada anak anak.

"  Wawasan Kebangsaan Indonesia adalah cara pandang mengenai diri dan tanah air  sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan , dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. " jelas Perempuan Cantik berhijab ini.

Lebih lanjut, " Dengan Wawasan kebangsaan ini merupakan salah satu cara pandang kita bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ," Lanjutnya.

Lebih detailnya  wawasan kebangsaan adalah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI yang sekarang dikenal dengan istilah 4 (empat) pilar kebangsaan sebagaimana dikenalkan/diaktualkan oleh MPR.

Materi  ini  ada  dibangku sekolah diperoleh dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) atau dalam kurikulum 2013 disebut Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaan (PPKn) dan di bangku kuliah disebut Pendidikan Pancasila/Kewiraan.

Dengan wawasan kebangsaan ini perlu mendalami 4 pilar , yang tertuang di naskah UUD 1945  sehingga kita mempunyai pemahaman tentang Indonesia kita. Juga nilai-nilai yang termuat dalam setiap sila Pancasila. Pahami kebhinnekaan bangsa kita, kembangkan sikap menghargai dan bekerja sama  diantara kita yang berbeda terutama menyangkut suku, agama, ras dan golongan (SARA). Pahami negara kita NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Intinya kita perlu mendukung persatuan bangsa dan negara Indonesia.

Diakhir urainya  " Wawasan kebangsaan menjadi sangat penting untuk dimiliki setiap warga negara Indonesia, bukan hanya untuk tujuan lulus ujian di sekolah/kuliah atau lulus CPNS/pekerjaan yang lain, tetapi untuk maju dan kokohnya Indonesia Jaya Merdeka. " pungkas Eva. ( adv / siwi)  .