Bupati Malang Lakukan Study Reflikasi pengelola air sungai - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, January 27, 2020

Bupati Malang Lakukan Study Reflikasi pengelola air sungai



Malang,  radar merah putih.com - Study Replikasi  Pengelolaan Air Sungai, Persiapan Layanan Wilayah Malang Selatan

Daerah Malang selatan merupakan tantangan tersendiri bagi Perumda Tirta Kanjuruhan dalam rangka untuk mengembangkan cakupan layanan penyediaan air bersih.

Hal ini dibuktikan dengan keseriusan untuk segera merealisasikan rencana pembangunan Intalasi Pengolahan Air dengan pemanfaatan sumber air baku dari sungai di wilayah Malang Selatan.

Menurut kabag humas perumda tirta kanjuruhan Wahyu  saat ditemui awak media (27/1) ”Salah satu upaya yang akan ditempuh adalah dengan bekerjasama dengan pihak investor yang memiliki pengalaman dalam penyediaan air bersih. " katanya kepada radar merah putih.

Adapun Sungai Lesti dengan potensi air berlimpah diharapkan akan mampu memberikan layanan bagi masyarakat di wilayah Malang Selatan. Guna mendukung rencana tersebut baru-baru ini tepatnya pada tanggal 23 Januari 2020,

Bupati Malang, didampingi Jajaran Direksi dan Pimpinan Perumda Tirta Kanjuruhan serta Dewan Pengawas lakukan Study Replikasi ke PDAM Intan Banjar yang selama ini telah berhasil mengelola air sungai sebagai bahan baku air bersih melalui 13 IPA yang dimiliki untuk melayani masyarakat di Banjarmasin
“ Salah satu IPA yang dikelola bekerjasama dengan PT. Adaro, yang menangani air baku sungai di Banjarbaru, menjual air yang telah layak konsumsi senilai Rp 6 ribu per meter kubik-nya.

Tapi, untuk di Kabupaten Malang, dimungkinkan harganya akan di bawah Banjarmasin. Hal ini dikarenakan kondisi air sungai Lesti relatif baik sehingga untuk proses pengolahannya tak akan sama dengan yang di Banjarbaru. Selain itu infrastruktur pendukung untuk bantuan kekeringan di Malang Selatan lebih siap.

Lebih jauh Wahyu  PT Adaro telah menangani pengolahan air baku sungai di Banjarbaru, Banjarmasin, selama hampir 6 tahun. Dengan hasil yang memuaskan, seperti yang dilihat scara langsung oleh Bupati Malang dan seluruh peserta studi replikasi di IPA yang dimanfaatkan untuk melayanai pelanggan PDAM Intan Banjar “ .
“Sedangkan wilayah yang akan teraliri melalui IPA dengan memanfaatkan sungai Lesti yakni Sumawe, Gedangan, Bantur, Pagak Donomulyo dan Kalipare. Dengan upaya Pemerintah Kabuoaten Malang melalui Perumda Tirta Kanjuruhan untuk mengelola air Sungai Lesti agar dapat dimanfaatkan hingga dikonsumsi, maka jumlah warga yang mendapat sambungan air bersih akan semakin bertambah”. Pungkasnya. (Ich/team)