Pariwisata Banyuwangi diPromosikan oleh Dubes Seluruh Dunia. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Wednesday, January 22, 2020

Pariwisata Banyuwangi diPromosikan oleh Dubes Seluruh Dunia.



Jakarta, radar merah putih.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menarik perhatian para duta besar Republik Indonesia dari seluruh dunia berkat pencapaian pariwisata daerah yang ia pimpin. Para dubes pun terdorong untuk mempromosikan Banyuwangi di negara tempat mereka bertugas.

Pesona Banyuwangi dipaparkan oleh sang bupati di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat. Di hadapan para duta besar, Bupati Azwar menjelaskan efek positif pariwisata Banyuwangi terhadap ekonomi setempat.

"(Para dubes) kaget, senang, melihat pertumbuhan sekaligus destinasi-destinasi baru di Banyuwangi, dan tadi saya bercerita bagaimana inovasi yang kami kerjakan bisa menurunkan angka kemiskinan cukup signifikan, mulai dari 20 persen menjadi 7,52 persen sekarang," ujar Bupati Azwar kepada Liputan6.com di Kantor Kemlu, Jumat (10/1/2020).

Bupati Azwar datang ke Kemlu atas undangan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama juga hadir sebagai narasumber.

Para Dubes dari benua Asia sampai Afrika langsung menyerbu Bupati Azwar begitu acara selesai. Mereka meminta video-video promosi Banyuwangi untuk kemudian mereka sebarkan.

"Ada dari LA, ada dari Belanda, dari Eropa, dari Amerika Latin, ada Afrika juga. (Mereka) pengen mengundang kita dan appreciate dengan apa yang kita kerjakan," jelas Bupati Azwar.

Tiga hal utama yang Bupati Azwar presentasikan adalah peran pariwisata terhadap kesejahteraan daerah, efek trickle down dari pariwisata pada perekonomian, serta membuktikan Banyuwangi tak hanya punya keindahan alam, melainkan juga inovasi untuk publik.

Income per kapita Banyuwangi pun naik dari dulunya Rp 20 juta sekarang sudah Rp 48 juta per orang per tahun berkat strategi pariwisata pemerintah setempat.
( gt /team/ hms)