SMK Negeri 1 Donorojo Pacitan Luncurkan Program Keahlian ( Te Fa) Teaching Factory - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Friday, January 24, 2020

SMK Negeri 1 Donorojo Pacitan Luncurkan Program Keahlian ( Te Fa) Teaching Factory



Pacitan Radar Merah Putih –Bertempat di Gedung Serbaguna SMK N 1 Donorojo Kabupaten Pacitan , telah diluncurkan Program Keahlian Teaching Factory ( Te Fa ) Bidang E- Comerce Tata Busana, Sabtu ( 24/11/ 2019)  tahun lalu.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir pula Bupati Pacitan Indartato bersama rombongan juga dari Kepala Cabang Dinas SMK / SMA dan seluruh keluarga besar SMK Negeri 1 Donorojo .

Dengan (Te Fa) siswa di persiapakan untuk memiliki jiwa kewirausahaan karena dapat praktek tata busana , melayani konsumen secara langsung.

Selain itu kegiatan yang di gelar Sabtu 23 November 2019 itu bertujuan  untuk belajar mendirikan usaha kecil dengan mengadopsi kurikulum berbasis industri seperti pakaian Hem dengan berbagai model. 

Hasilnya dapat di kembangkan melalui galeri yang ada  tersedia di jalan Pacitan  -  Solo dan juga melalui sistem jarimgan online. Bahan industri pakaian sendiri di ambil dari kain bahan batik Pacitan, meski demikian juga  sebagian menggunakan paduan kain biasa . Hal ini untuk memenuhi permintaan kunsumen dengan harga terjangkau per satuannya di bawah harga seratus ribu rupiah.

Kepala sekolan SMK N 1 Donorojo Bambang Hadi Sucipto, menyampaikan “ Dengan diluncurkanya (Te Fa ) ini di harapkan siswa mampu belajar bekerja mandiri terlebih untuk menghadapi pasar bebas, sehingga lepas dari bangku sekolah mereka langsung dapat bekerja.”  jelas Bambang dalam sambutanya.


Masih  menurutnya ," Te Fa sendiri merupakan program Pendidikan di SMK dimana model pembelajarannya berbasis produk barang dan jasa melalui senergi antara sekolah dengan industri ," tambah Bambang kepada radar merah putih.  (  sus)