BGH Pasar Lawang Menjadi Icone Kab Malang. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, February 18, 2020

BGH Pasar Lawang Menjadi Icone Kab Malang.



Malang  lawang, : radar merah putih. Com - BGH Pasar Lawang, 2020 Bisa Jadi Icon Kabupaten Malang Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang,

Dr.Agung selaku Kepala Disperindag Kabupaten Malang saat ditemui awak media (18/2) menerangkan "kalau pencapaian terkait revitalisasi dan juga pembangunan Pasar di Kabupaten Malang dari beberapa tahun ini cukup menggembirakan. kalau kita melihat pada tahun 2019 lalu, ada tiga tempat yang telah kita perbaiki atau bangun dan diantaranya ; Pasar Krebet Bululawang dengan anggaran dari DAK senilai Rp.1.039 Milyar, Pasar Kepanjen anggaran dari DAK dengan nilai Rp.1.073 Milyar dan Pasar Bantur dengan anggaran dari TP senilai Rp.2.640 Milyar ".

" Selain itu, Pada tahun 2020 akan kita laksanakan pembangunan pasar di dua tempat, yakni pasar Pagak dan pasar Lawang.Adapun untuk pasar Pagak sendiri dianggarkan dari DAK senilai Rp.3 Milyar dan untuk Pasar Lawang anggaran dari Kementrian PUPR senilai Rp.120 Milyar".

Lebih jauh, Agung menjelaskan "untuk lokasi pasar Lawang kita bagi dua, yakni sektor utara dengan luas 3000 meter dan sektor selatan 8000 meter, sehingga total untuk Pasar lawang yang akan kita bangun tahun ini seluas 11.000 meter persegi dengan anggaran Rp.120 Milyar rupiah "." Sedangkan untuk pelaksanaannya diperkirakan mulai bulan Agustus 2020 dan bangunan tersebut masuk kategori BGH (bangunan gedung hijau) karena dilihat dari isi surat Edaran 86 tahun 2016 tentang petunjuk teknis penyelenggaraan gedung hijau dan Permen PUPR no.02 tahun 2015 , yang mana untuk lokasi pasar lawang lebih dari 5000 meter persegi ".Saya berharap " agar pembangunan pasar di Kabupaten Malang tahun 2020 ini, yakni pasar Lawang bisa sesuai rencana serta nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Pasar Lawang juga menjadi Icon Kabupaten Malang, karena dia merupakan pintu masuk Kabupaten Malang dan setiap orang yang mau masuk pasti melewati depan pasar lawang, kalau pasarnya itu bagus, indah, rapi, tidak ada parkir yang semrawut (tertata rapi). Itukan nyaman dipandang
".Disamping itu, " pasar lawang adalah pasar yang objeknya paling tinggi dan juga masuk pasar kelas Regional yang artinya pasar lintas Kabupaten seperti halnya Kabupaten Pasuruan larinya kan kesana semua.Kalau pasarnya sudah tertata rapi dan tertib ,pedagang kan enak berjualan serta pembelinya juga banyak, omset pedagang secara otomatis juga naik dan pada ahirnya ; kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang dari sektor perdagangan akan meningkat, dan tentunya perekonomian secara umum di Kabupaten Malang pasti meningkat secara signifikan ".pungkasnya. (Ich)