Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Kabupeten Pacitan Provinsi Jawa Timur Gelar Lakakarya Lebah Mudu Klanceng (TRIGON Sp). - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, February 25, 2020

Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Kabupeten Pacitan Provinsi Jawa Timur Gelar Lakakarya Lebah Mudu Klanceng (TRIGON Sp).



Pacitan Radar Merah Putih.com. Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Kabupaten Pacitan  menggelar Lokakarya Pengembangan Aneka Usaha Lebah Madu Klanceng (TRIGONA Sp) di Desa Gembug Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan , selasa 25/02/2020.

Kegiatan sendiri di ikuti ratusan pembudidaya lebah madu klanceng dari Kelompok Tani Hutan yang ada di 12 kecamatan di Kabupaten Pacitan serta penyuluh dari lima wilayah jerja,yakni Kabupaten Ponorogo,Kabupaten Trenggalek,Kabupaten Kediri,k.Kabupaten Tulungagung serta tuan rumah Kabupaten Pacitan.

Dari lima Kabupaten itu bahu membua untuk terus berupaya mengembangkan lebah madu lanceng dimasyarakat.

Kabupaten Pacitan merupakan wilayah yang sangat besar potensinya untuk mengembangkan budidaya lebah madu klanceng, karena selain memiliki hutan yang luas juga banyaknya tanaman hutan bambu.

Dalam uraiannya Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Kabuoaten Pacitan Wardoyo ," dari komponen dibidan kehutanan di wilayah Pacitan ada tiga variditas unggulan,yakni ada tanaman porang,hutan bambu,dan lebah madu klanceng.Lebah madu klanceng sendiri cukup banyak,namun belum terkelola dengan baik, oleh karena itu melalui lokakarya ini diharapkan masyarakat tergugah untuk membudidayakan secara benar." ujarnya.

Pembudidayaan lebah madu klanceng sendiri cukup mudah ,karena selain lebah tidak menyengat juga tidak perlu mencarikan makan.Pembudidayaannya terus di kembangkan melalui Kelompok Tani Hutan yang ada di 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Pacitan.Secara ekonomi lebah madu klanceng memiliki nilai jual yang tinggi dibanding jenis madu lebah lainnya

Salah satu nara sumber lokakarya Pengembangan Aneka Usaha Lebah Klanceng Bambang Prayitno,"manfaat lebah madu klanceng cukup besar bagi kesehatan manusia,selain untuk kekebalan tubuh juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti kolesterol , asam urat dan lainnya." ungkapnya saat memberikan pemaparan pada para peserta lokakarya.

Disisi lain pembudidaya lebah madu klanceng dapat di panen kisaran 3 hingga 4 bulan.Dalam pemaparannya Misginen salah satu pembudidaya lebah madu klanceng asal desa Purworejo,kecamatan Kebonagung Pacitan," kurun waktu 3 bulan sekali mampu memperoleh 9 juta rupiah dengan 175 kotak lebah madu klanceng,hasil ini cukup lumayan karena tidak perlu memberi makan dan hanya memberi tempat bok dari kayu yang ukurannya kecil." ungkapnya.

Dalam lokakarya sendiri dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diisi dengan materi manfaat lebah madu lanceng dan sesi kedua diisi dengan cara membudidayakan lebah madu klanceng.Dalam lokakarya itu juga di praktekkan cara memindahkan lebah madu klanceng dari tempat satu ke tempat lainnya.(sus)