Kang Marhaen Dukung Produksi Udeng Khas Nganjuk , Menambah Incume IKM - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Friday, February 21, 2020

Kang Marhaen Dukung Produksi Udeng Khas Nganjuk , Menambah Incume IKM


Nganjuk,  radar merah puih.com-
Sebagai upaya untuk mendukung peningkatan kualitas produk kerajinan khas Kabupaten Nganjuk . Pemerintah setempat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag)  berikan bantuan pelatihan  kepada kelompok Industry Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di Bumi Anjuk Ladang ini untuk terus berkreasi dan meningkatkan kualitas , salah satunya pelatihan pembuatan Udeng Khas Nganjuk .

Sebanyak 100 orang peserta ikut dalam pelatihan pembuatan udeng  Nganjuk di Gedung Pelatihan Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag)  Kamis ( 19/02/2020) .

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganan Kabupaten Nganjuk,  dra.  Heny Rohyanti mengatakan, " bantuan pelatihan pembuatan Udeng Khas  Nganjuk ini kami betikan kepada IKM yang dianggap memiliki potensi , sehingga bisa menambah kreatifitas juga produk yang mereka miliki,  sehingga Udeng Nganjuk  semakin cepat berkembang,  dan IKM ini secara rutin telah melaksanakan bidang usahanya  masing masing serta memiliki pangsa pasar. " kata Heny kepada radar merah putih. Com.

Dalam pelatihan pembuatan Udeng ini oleh Mbah Bakat , penggagas dan perintis Udeng khas Nganjuk terserbut, serta Sritek ( home industry pembuat  Udeng yang ada di Kelurahan Werungotok Nganjuk) dan tak ketinggalan juga disini hadir juga wakil bupati Nganjuk Marhaen Djumadi .

Menurut  Marhaen Orang nomor 2 di Nganjuk ini “Dengan diberikannya bantuan pelatihan ini kami harapkan dapat memacu para IKM di Kabupaten Nanjuk untuk terus berproduksi serta meningkatnya ekonomi rumah tangga,” ujarnya

“Kami akan memberikan perhatian penuh terhadap tumbuh kembang IKM yang ada di Nganjuk ini,  Sebab, salah satu sumber bertahanya ekonomi kerakyatan saat ini adalah dengan menjaga stabilitas ekonomi IKM ,” jelasnya.

Selain memberikan bantuan pelatihan ini pihaknya juga akan membantu para kelompok IKM tersebut untuk melakukan pemasaran produk yang lebih luas melalui even-even pameran baik di dalam maupun luar daerah. Bahkan tidaK hanya melalui even saja, namun hasil produk IKM tersebut juga dipasarkan oleh gerai-gerai penyedia oleh-oleh khas Nganjuk yang ada di Kabupaten Nganjuk .
“Selain itu kita juga mengirimkan mereka jika ada pelatihan-pelatihan untuk melakukan pemasaran baik secara manual maupun online,” ucapnya.


Terkait dengan pembiayaan untuk pengembangan produk, Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk  melului  Dinas Perindustrian dan Perdagangan , akan berupaya mamfasilitasi para kelompok IKM tersebut untuk mendapatkan pinjaman dari pihak perbankan. Masih banyak IKM yang membutuhkam bantuan dan suport dari pemerintah terutama sebagai upaya untuk mendukung destinasi pariwisata Nganjuk. ( Adv)