*Pasukan Kebersihan Semut Biru CTC Ahmadiyah Hadir di Cap Go Meh Masyarakat Kota Nganjuk* - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, February 9, 2020

*Pasukan Kebersihan Semut Biru CTC Ahmadiyah Hadir di Cap Go Meh Masyarakat Kota Nganjuk*



Nganjuk, radar merah puih. Com - - Dalam rangka memperingati Cap Go Meh tahun baru Imlek, panitia penyelenggara menggelar kegiatan Jalan santai bersama, bertempat di alun-alun, relawan Clean The City Ahmadiyah Jatim berjumlah lebih 75 orang ikut hadir dan bergabung dalam acara tersebut, untuk membersihkan sisa sampah pasca acara. (09/02)

Tampak hadir dalam acara tersebut, wakil Bupati Marhaen Jumadi beserta Istri, jajaran Forkopimda, KH. M. Solikhin ketua FKUB, Teguh Budiono ketua kelenteng Hok Yoe Kiong (pelenggara), Gus Arif ketua GUSDURian, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, lintas agama, lintas ormas, lintas pemuda, masyarakat umum, juga Sajid Ahmad Sutikno pembina CTC Kota Nganjuk dan Budiono Koordinator CTC Jatim.

Wabup Nganjuk Marhaen Jumadi mengatakan, "Dalam rangka memperingati Cap Gomeh ini saya ucapkan selamat bagi Warga Masyarakat yang merayakan, dan marilah kita saling jaga Toleransi antar Umat beragama serta kita Jaga Kebhineka Tunggal Ika-an, untuk persatuan dan kesatuan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ), dan saya ucapkan terimakasih kepada Clean The City Ahmadiyah, yang mana telah menjadi Pasukan Kebersihan yang sudah tersebar di jawa timur, dan sudah membantu meringankan beban tugas Pasukan kita (DLHK), untuk itu saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, juga mengacungi Jempol buat CTC Ahmadiyah yang telah hadir disini mulai dari Jombang, Kediri, Magetan, Madiun, Ponorogo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan terjauh Banyuwangi dan Nganjuk dan sekitarnya", ujar Bung Marhaen panggilan akrab Wabup Nganjuk.

Dalam hal ini Ebit Widiantoro, Korlap CTC Nganjuk mengatakan," Kami siap menjadi tim kebersihan di setiap acara daerah yang melibatkan massa yang banyak, Kami  siap meluncur ke kota manapun, Dan semua biaya kami adalah mandiri dari organisasi relawan CTC, Untuk itu,  kami akan bersenang hati bila diberi kesempatan sebagai bagian kebersihannya, dan kali ini, tim CTC Ahmadiyah bergabung dengan tim Gusdurian, komunitas Tionghoa Nganjuk, Banser dan masyarakat Nganjuk," ujarnya

Sajid Ahmad Sutikno, Pembina CTC Ahmadiyah Nganjuk mengatakan, "Komunitas Clean the City sejak tadi malam berkumpul di posko CTC Nganjuk, dihadiri beberapa komunitas lain seperti IMASKA dan Bernas. Kita ngopi bersama sambil diskusi keagamaan, dan isu kekinian, juga kemanusiaan terutama perihal gerakan donor mata.

 Kemudian jam 03:00 WIB bertahajud bersama, pukul 06:30 WIB CTC mulai bergerak menuju alun-alun ini untuk kampanye pentingnya jaga kebersihan dengan bawa poster. Lalu, CTC pagi mulai jam 08:00 WIB hingga tuntas acara akan mulai mengkhidmati saudara-saudara Tionghoa dan warga umum yang tengah mengadakan jalan sehat dalam rangka peringati tahun baru Imlek 2020. Kita siap membersihkan sisa-sisa sampah di area alun-alun ini, sekaligus membantu dinas kebersihan kota”.
Masih Sajid Ahmad Sutikno, “Gerakan CTC kali ini ada dalam komando GUSDURian Nganjuk yang bekerjasama dengan panitia acara kelenteng Hok Yoe Kiong. Kami, atas nama komunitas kebersihan CTC Ahmadiyah, mengucapkan selamat kepada saudara-saudara Tionghoa dan  warga masyarakat yang merayakan Tahun Baru Imlek,  semoga kita tetap kokoh dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, terangnya.

Pada kesempatan yang sama Budiono, Kordinator CTC Ahmadiyah Jatim yang juga hadir di Kota Nganjuk mengatakan," Kita selalu siap jadi pasukan kebersihan di kota-kota manapun yang mengadakan acara manakala kami diperlukan, karena ini semua sudah menjadi bagian dari CTC Ahmadiyah," ujarnya.

K.H. M. Solikhin dari FKUB Nganjuk, menyampaikan pentingkan kerukunan umat beragama dan kerukunan etnis meskipun dalam perbedaan.

Selain itu, pihaknya kepada Korlap CTC Nganjuk, juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas partisipasi sebagai seksi kebersihan acara.
Perwakilan GUSDURian, Gus Arif dan Tri Santoso menyampaikan hal yang sama, apresiasi setinggi-tingginya atas gerakan kebersihan Tim CTC di acara kegiatan pagi hingga siang itu, sehingga area acara tetap bersih dan asri.
P
erwakilan Dinas Kebersihan kota Nganjuk juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan relawan CTC, yang dengan rela tanpa pamrih ikut peduli akan kebersihan alun-alun kota angina itu.
Pada tempat terpisah, Gus Hasyim Jalaludin koordiantor Paguyuban pimpinan Lintas agama dan kepercayaan Nganjuk, menyampaikan kekagumannya akan gerakan kebersihan pasukan semut biru Clean the City dari Jemaah Ahmadiyah. “Saya bangga dengan dulur-dulur Jemaah Ahmadiyah atas gerakan peduli kebersihan lingkungan di alun-alun kota Nganjuk. Jempol dari kami atas nama pribadi dan dulur-dulur Paguyuban lintas agama dan kepercayaan. Semoga kita selalu dalam kebersamaan”, pungkasnya.
Relawan Clean the City di kegiatan cap gomeh tahun ini berhasil mengumpulkan lebih dari 125 kantong sampah ukuran 80 x 110 cm. (Awi, Ebit, SAS).