SMK Negeri 2 Donorojo Kabupaten Pacitan berikan Program Kewirausahaan Berjenjang - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Friday, March 6, 2020

SMK Negeri 2 Donorojo Kabupaten Pacitan berikan Program Kewirausahaan Berjenjang



Pacitan Radar Merah Putih.com. Sekolah SMK Negeri 2 Donorojo,yang ada di Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabuoaten Pacitan terus melakukan pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan  kompentensi siswa di era industri 4.0  menkadi salah satu fokus Krmenterian Pendidikan dan Kebudayaan.Salah satunya yakni pengembangan minat kewirausahaan pada siswa dimana dipandang strategis untuk menyiapkan generasi yang mendatang yang produktif dan berkarakter,eperti halnya SMK Negeri 2 Donorojo,Pacitan.
Untuk program kewirausahaan sekolah yang tak jauh dari Pantai Klayar Pacitan ini berbeda dari sekolah- sekolah yang ada lainnya.

Pasalnya dimulai dari masuk sekolah hingga keluar sekolah,SMK Negeri 2 Donorojo Kabupaten Pacitan terus melakukan  pembinaan program kewirausahaan. Program unggulan ini dimulai dari siswa siswi kelas 11 dimana para siswa ini memiliki kelompok yang dibina menjadi kewirausahaan.
Produk  yang dipilih ini sesuai dengan survai pasar yang laku untuk dijual.Saat ini produk unggulan yang ada yakni pembuatan Roti Khas Pacitan yang di buat oleh para siswa siswi. Pruoduk Roti ini mulai kemas sedemikian rupa dan mulai  dipasarkan.

Selain produk Roti Khas Pacitan SMK Negeri 2 Donorojo juga membuat makanan olahan lainnya yang terbuat dari kelapa, yakni "Pie kelapa" yang di brand dengan nama " Duaodo" dengan tertulis slogan nikmat dari mata di setiap kotak bungkusnya.

Kepala sekolah SMK Negeri 2 Donorojo Amanudin Ashari ditemui diruang kerjanya," Produk produk unggulan warga sekolahnya mulai diminati masyarakat dan mulai dipasarkan sejak 5 bulan ini.Produk unggulan sekolahnya itu dapat dileroleh di toko-toko maupun pusat perbelanjaan yang ada,," ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan Produk unggula Pie Kalapa ini memiliki berbagai rasa salah satunya rasa coklat dan rasa susu.Dimana satu kotaknya di jual seharga 30 ribu rupiah. Dalam waktu satu bulan para siswa ini mampu menjual sebanyak 300 hingga 350 bungkus Pie Kelapa.Untuk pengusaha pemula dirasa hasil ini cukup lumayan," pungkasnya.

SMK Negeri 2 Donorojo,yang tak jauh dari Pantai Klayar Kabupaten Pacitan sendiri memiliki 259 siswa siswi dengan 10 kelas yang ada memiliki 3 jurusan selain kewirausahaan juga ada jurusan jasa akuntansi dan teknik komputer serta teknik komputer jaringan produk pengolahan hasil pertanian. (Sus)