Team Pencegahan Infeksi Virus Corona Lintas Sektor Menunggu SK Bupati - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, March 3, 2020

Team Pencegahan Infeksi Virus Corona Lintas Sektor Menunggu SK Bupati




Malang, radar merah putih.com -Terkait dengan adanya warga negara Indonesia yang terindikasi virus corona beberapa hari yang lalu, dan dalam rangka mengantisipasi WNA atau WNI yang baru dari luar negeri hendak masuk wilayah Kabupaten Malang.


Pemerintah Kabupaten Malang melalui dinas kesehatan setempat semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap hilir mudik atau keluar masuknya tamu pendatang yang lewat pelabuhan di jawa timur juga beberapa bandara, yakni bandara abd shaleh dan bandara juanda
di surabaya.

Menurut drg.Arbani MW pada awak media (2/3) "Alhamdulillah hingga saat ini di Kabupaten Malang tidak ada warga kita yang terinfeksi virus tersebut, namun, kita sudah kerjasama dengan kantor kesehatan pelabuhan untuk memberi informasi kalau ada pendatang dari luar negeri masuk wilayah kabupaten malang agar senantiasa waspada dan selalu dilakukan monitoring selama 14 hari ".

Karena dalam kurun waktu 14 hari, merupakan masa inkubasi terahir dari infeksi virus corona dan dari 14 hari yang sudah berjalan ada 6 orang yang diinfokan pada kita, yang bersangkutan tidak mengalami sakit apapun.

Walaupun demikian, kita tetap waspada bukan hanya bidang kesehatan, tapi dari sektor-sektor lain dan kami telah mengajukan konsep pembentukan satgas pengamanan terhadap virus corona yang terdiri dari tiga sektor, yakni Dishub, Disnaker trans serta Dinkes sendiri".

Kita berharap SK segera ditandatangani bapak bupati sehingga kami bisa menangani hal ini dengan lintas sektor. Melalui faskes mulai tingkat Desa,Kecamatan hingga Kabupaten kita terus pantau setiap pendatang dari luar negeri, baik WNA pun juga WNI yang pulang sebagai buruh migran dan kita akan bersurat pada Kecamatan kalau ada warganya yang mengalami sakit dengan ciri-ciri panas tinggi, batuk disertai pileg ".

Saya berpesan pada masyarakat Kabupaten Malang ; 1. Agar waspada apabila ada anggota sakit dengan ciri tersebut untuk segera dibawa ke faskes terdekat.
2. Infeksi virus ini walaupun lebih ganas dari yang lain, tapi kalau daya tahan yang bersangkutan kuat tidak akan berpengaruh pada tubuh dan pada intinya harus menjaga ketahanan tubuh.
3. Apabila terjadi sakit panas, batuk, pileg harus memakai masker agar tidak menular pada yang lain.
4. Mejaga lingkungan tetap bersih dan berperilaku hidup sehat seperti kalau mau makan, ya cuci tangan dengan sabun dahulu.
Pungkas Arbani MW.drg pada media. (Team)