Akibat Hujan Lebat. Linkungan Rowo Pakis Banjir - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Friday, May 29, 2020

Akibat Hujan Lebat. Linkungan Rowo Pakis Banjir



RADAR MERAH PUTIH Banyuwangi Jatim - Guyuran hujan lebat sejak Kamis sore (28/5/2020) mengakibatkan lingkungan RT 02.RW 01 Rowo, Kelurahan Pakis,  Kecamatan / Kabupaten Banyuwangi banjir dari air kiriman arah selatan,  yang merendam rumah warga sejumlah 40 rumah, dengan tinggi air mencapai ketinggian 60 cm.

Lingkungan yang tak jauh dengan pantai itu,kini warga bersana Babinsa, Ketua RW & RT kerja bhakti untuk membuang air banjir di dalam rumah rumah warga yang tergenang.

Ketua RW 01. Sugito mengatakan kalau hujan lebat mulai pukul dua td. Banjir datang pukul empat sore.

" Hujan pukul dua siang  itu sangat lebat mas. Sekitar memasuki pukul empat kiriman air banjir arah selatan menuju utara / Rowo, mengskibstkan lingkungsn rowo terjadi banjir. Dsn terparah dilingkungan RT 02.Rw,01 Jumlah rumah terdam akibat kemasukan aliran banjir sejumlah 40 rumah, hingga malam ini masih tergenang air. Mudah mudahan malam ini bisa secepatnya air surut, agar warga bs istirahat, dan di kerja bhakti dilanjutkan besuk pagi. " kata, Ketua RW ,01. Rowo, Kang Gito, sapaan akrab Sugito.

Secara terpisah Babinsa Pakis, iswanto mengatakan kalau  saat hujan dirinya waspada pada titik kerawan.

" Saat hujan turun saya sudah siap turun lapangan melihat kondisi beberapa lingkungan di kelurah pakis tempat saya beraktivitas mengemban tugas babinsa. Lingkungan Rowo dengan keberadaan hujan lebat terjadi banjir kirinan dari arah selatan, mengakibatkan rumah warga tergenang air banjir. Sata saya mengambil tindakan bersana pak RW dan warga saling membatu untuk mengeluarkan air dari rumah warga. Hingga malam ini rumah warga masih ada yang tergenang air. Semoga malam ini air air yang ada di dalam rumah warga bisa cepatnya surut,  serta tidak ada banjir susulan. Dan kejadian ini sudah saya laporkan ke pak lurah, dan sudah berkoordinasi drngsn pihak BPBD." kata babinsa yang akrab di sapa pak is.

pak. Is,  babinsa yang sering melakukan keliling lingkungan siang hari, tengah malam hari itu setiap ada kejadian di wilayah pakis selalu berada di tempat lokasi TKP. Dan cara membantu dan ngomando pada warga reflek untuk menangani, serta pak is memang akrab bersama masyarakat luas Kelurahan pakis. " kata pak RW  Sugito.

Lurah Pakis. Imam Bukani. S. Sos, pukul 20.30 wib mendatangi lokasi banjir serta meninjau air yang masuk ke rumah runah warga, didampingi ketua RW I sugito dan ketua ketua RT se lingkungan Rowo

Hingga malam ini warga lingkungan Rowo saling bahu membahu gotong royong membantu warga yang rumahnya tergenang air akibat banjir. Moga aja tidak ada banjir susulan. (sugito mp)