Kades Blongko : Pemimpin Sejati , Pemimpin Yang selalu Memikirkan Kesejahteraan Warganya . - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, June 15, 2020

Kades Blongko : Pemimpin Sejati , Pemimpin Yang selalu Memikirkan Kesejahteraan Warganya .



Nganjuk , radar merah putih.com - Desa Blongko merupakan salah satu desa yang ada dilereng gunung wlils  yang ada di wilayah Kecamatan Ngetos , Kabupaten Nganjuk .

Dipandemi Covid 19 ini masyarakat  di desa desa seluruh Indonesia tak terkecuali  desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nanjuk terima  bantuan Covid 19 .

Gunawan kepala desa Blongko saat ditemui diruang kerjanya baru baru ini menyampaikan ," benar  , di desa Blongko ini  masyarakat kami  telah terima  bantuan Covid 19 , " kata Gunawan .

Bicara terkait penerima bantuan , Gunawan  menjelaskan ," Bantuan Covid 19  berpa beras  dari Propinsi  sebanyak  48 orang 3 kali , selain itu juga  bantuan beras dari Kabupaten sebanyak 86 orang , dari BLT  Dana Desa dianggarkan sebanyak 171 orang  , dari BST sebanyak  265 orang , untuk Difabe atau Disabilitas sebanyak l  3 orang , serta dari  PJSLU sebanyak 8 orang .

Menurut Gunawan , dengan tercovernya masyarakat yang terima bantuan Covid 19 ini sangat membantu meningkatkan imunitas juga menjaga stabilitas ekonomi keluarga , selain itu masyarakat yang mendapat bantuan tersebut adalah hasil Kerjasama dan kerja keras tim juga pemerintah desa Blongko saat pendataan .

Disisi lain , Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin  yang mengutamakan kesejahteraan warganya , dan memberikan solusi .
Pemdes Blongko adalah  solusi  pada setiap warganya .

Disinggung  tentang pembangunan yang ada di desanya selama Pandemi Covid 19 ini , Gunawan mengatakan bahwa ada satu kegiatan yang saat ini sudah hampir  rampung ,  yaitu Pelaksanaan Padat Karya Tunai ( PKT ) , dengan kegiataan tersebut diambikkan dari Dana Desa  anggaran tahun 2020 .

Pemimpin harus mempertimbangkan perasaan warganya , itu adalah Kunci dari seorang pemimpin yang bijaksana .

Perasaan berbagi adalah sifat yang sangat diharapkan oleh warganya.
Setiap kebijakan seorang pemimpin ada dua kontrofersi , yaitu perasaan dan tanggungjawab kepada Yang Mah Esa juga kepada Dunia .


Seperti yang dilakukan Mbah Rokamah Penerima BLT Dana Desa , tanpa ada paksaan ataupun rekayasa dari pihak mananpun , kesadraan mbah Rokamah menolak bantuan tersebut , menurutnya. Kemiskinan yang ia jalani selama ini adalah ujian dari Yang Maha Kuasa sehingga dirinya tidak mau menerima  bantuan apapun dari pemerintah,   karena beliau menganggap bahwa kemiskinan adalah  kodrat atau cobaan dari Gusti Allah .

Di Desa Blongko ada satu sosok perempuan tua / nenek , yang hidupnya serba kekurangan , namun ia sangat taat dengan ajaran Agama Islam , " Miskin harta namun kaya hati "  Mbah Rokamah sangat membuka hati para nitizen  , bahwa selama kita masih kuat dan kita masih mampu menghidupi diri kita sendiri , jangan sekali sekali kita berharap adanya bantuan atau uluran tangan dari irang lain .

Lebih jelasnya  bahwa kebijakan  seorang pemimin harus  mempertimbangjan perasaan masyarakatnya , semua ini karena amanah masyarakt yang harus dilakukan .dengan tujuan agar pemerintahan bersama masyarakat bisa hidup tentrem ayem
Semoga denga kebijakan kebijakan Pemerintahan Desa Blongko ini hisa menjadi Motivasi bagi desa lainya ( red / siwi ) .