Kades Sambiroto : Siap menjadi Kampung Tangguh Semeru . - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, June 28, 2020

Kades Sambiroto : Siap menjadi Kampung Tangguh Semeru .



Nganjuk , radar merah putih.Com - Dalam rangka Pencegahan Percepatan COVID-19 Desa Sambiroto Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. memaksimalkan fungsi kampung tangguh, untuk melatih kemandirian warganya dalam menghadapi Pandemi COVID-19.

Desa Sambiroto salah satu desa yang sudah membetuk kampung tangguh kususnya di wilayah Kecamatan Baron .

Bertempat di kantor Desa Sambiroto dilakukan sosialisasi  tentang tujuan dan manfaat  Kampung Tangguh Semeru , Sabtu ( 27/06/2020) .

Hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Kecamatan  Baron , Polres Nganjuk yang diwakili Polsek Baron , koramil Baron , Kepala desa Sambiroto , Semua lembaga desa  Sambiroto , seluruh petangkat desa Sambiroto , juga  tim relawan  gugus tugas  Desa Sambirito serta tamu undangan lainya .

Kabag Sumda Kompol Suyitno dalam sambutanya ,"  Kampung Tangguh dibentuk untuk Memberikan kesadaran pada warga secara keseluruhan ,warga di Kampung Tangguh ini harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19 , dalam Aktivitas keseharian baik dalam kerja atau aktifitas lainnya  dan siap melaksanakan   New Normal , " jelas Kompol Suyitno dimimbarnya .

"Program ini merupakan upaya pemerintah untuk menjadikan masyarakat bersistem tidak panik menghadapi bencana, termasuk Warga kampung tangguh ini harus memasuki tatanan kehidupan baru atau yang lebih familiar. Karena covid19 ini belum ada vaksinnya dan masyarakat harus disiplin, harus terbiasa bermasker, hidup bersih dan sehat, mencuci tangan setelah aktivitas dan menghindari kerumunan," jelas Suyitno

Jadi warga memang benar-benar dilatih untuk mandiri dalam segala hal, pemerintah sebatas memfasilitasi sarana prasarana yang dibutuhkan," ujar pejabat no empat di Mapolres Nganjuk ini.

Sementara itu Roifatul Pujiastuti ,Bidan Desa yang  jg team Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Desa Sambiroto mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kedatangan tim penilaian dari Polres Nganjuk.

Bidan setempat ," Kami bersama jajaran tim relawan, semoga Desa Sambiroto ini semakin tangguh, semakin kompak,dan sehat," kata Roifatul Pujiastuti yang juga bidan desa Sambiroto

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Sambiroto Achmad Sarif  kepada radar merah putih.com  mengatakan bahwa desanya siap menjadi salah satu Kampung Tangguh dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Kami siap membantu memberikan Motivasi kepada warga untuk Benar Mandiri untuk mengahapi Segala kemungkinan terjadi di masa Pandemi Covid 19 ini .

Kamandirian yang maksud adalah
Pertama Kemandirian di bidang kesehatan jasmani dan rohani, antara lain Harus tetap berperilaku hidup Bersih & Sehat sesuai anjuran pemerintah , tetep tenang jangan panik , dalam menghadapi covid 19.

Kemandirian kedua yang dimaksud adalah di bidang Sosial Ekonomi. Diharapkan warga menyimpan hasil pertanian seperti padi sebagi bahan baku beras untuk kecukupan pangan selama  Pandemi Covid 19 dan  Pemerintah desa sebagai Pengendali saja,

Lanjut Sarif " Desa membuat program SPPD (Sistem Pengendali Pangan Desa) yang bekerja sama dengan para kelompok tani & anggotanya." jelasnya .

Pihaknya juga  sudah melakukan kemandirian sosial diantaranya pengendalian ekonomi dimana kita membuat sistem pengendalian pangan desa (SPPD) di kantor desa kami dengan harapan bisa menyimpan hasil panen dalam masa Pademi covid19.

Sarif  terus mengajak warganya untuk terus lalukan social distancing dan  Kemandirian yang harus dibangun pada warga Sambiroto utamanya Keamanan di lingkungan desa, Desa Sambiroto harus tetap aman dan terkendali.

Kiranya itu yang menjadi prinsip dalam pelaksanaan Kampung Tungguh.. Semua tak mungkin bisa berjalan tanpa Kerjasama. Ujar Sarif. Dan berharap kepada seluruh elemen masyarakat  Sambiroto , agar tetap patuhi anjuran pemerintah melalui protokol kesehatan ,jangan lupa terus berdo a dan berusaha melawan virus corona ini agar segera sirna darj bumi ini .

Diakhir  ungkapanya  Sarif menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Bpk Bhabinkamtibmas, Bhabinsa & semua elemen kelembagaan desa Sambiroto atas kerjasamanya.( adv / siwi ) .