Mendorong Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan ,Ir. Mindo Sianipar Lakukan Kunjung Lapang - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Wednesday, July 29, 2020

Mendorong Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan ,Ir. Mindo Sianipar Lakukan Kunjung Lapang




Nganjuk,Radar Merah Putih.com  – Lakukan Kunjung Lapang , Ir.Mindo  Sianipar salah satu anggota DPR/MPR RI,utamanya  di Dapil Nganjuk ,tepatya di Desa Sekaran Kecamatan Loceret.Rabu ( 29/07/2020) .

Selain Ir.Mindo  Sianipar ,hadir juga  Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi,Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono , Kepala Dinas Pertanian Nganjuk Ir.Yudi  , kepala desa se Kabupaten  Nganjuk serta undangan lainnya .

Wakil Bupati Nganjuk. Marhaen Djumadi mengungkapkan bahwa tanaman pangan saat ini perlu dilakukan oleh petani atau kelompok  di Kabupaten Nganjuk.

Sat hal yang saat ini harus dilakukan bersama , berharap masyarakat  membantu dalam hal penanganan penceggahan penyebaran virus Corona , Pemerintah menyarankan adaptasi dan kebiasaan baru  memakai  masker. " Jelas kang Marhaen .

Dalam amanatnya salah satu anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir Mindo Sianipar sejak kehadirannya , mendorong petani di Kabupaten untuk melakukan gerakan menanam tanaman pangan dalam rangka mendorong ekonomi kerakyatan menuju kedaulatan pangan.

“Saya berharap petani tidak hanya menanam padi saja tetapi juga tanaman lain untuk mendukung ketahanan pangan,' pesannya 

Ditambahkan oleh Mindo dalam kegiatan pertanian  harus ada tanaman lain pendamping beras, seperti singkong, ubi jalar, sukun, sorgum dan sebagainya,” ungkap Ir Mindo Sianipar saat menggelar acara Kunjung Lapang dan Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Desa Sekaran Kecamatan Loceret

Menurut Mindo, gerakan menanam tanaman pangan ini merupakan gagasan dari PDI Perjuangan dan sudah dilakukan lebih dari 60 persen DPC PDI Perjuangan se Indonesia.

Lebih lanjut , “Gerakan menanam tanaman pangan bisa kita lakukan dengan memanfaatkan lahan kosong di lingkungan kita, seperi menanam cabe, sayur-sayuran bahkan beternak lele dan sebagainya,” tandas Mindo.

Diakuinya, dengan menerapkan gerakan menanam tanaman pangan ini, bisa mengurangi pengeluaran kebutuhan keluarga sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Untuk itu, kata Mindo, gerakan menanam tanaman pangan di Kabupaten Nganjuk penting dilakukan, apalagi Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu basis pertanian di Indonesia untuk menuju kedaulatan pangan." .

Menurutnya, petani juga perlu mendapat perhatian dan didorong untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian yang digarap Sehingga meningkatkan kesejahteraan sekaligus memperkuat ketahanan pangan.

“Petani harus diperhatikan dan didorong, tanpa mereka kita tidak makan,” ujar Mindo.


“Tujuan kita tidak hanya mampu memperkuat ketahanan pangan, akan tetapi mewujudkan kedaulatan pangan, yaitu mampu memenuhi kebutuhan pangan dengan memproduksi pangan secara mandiri,” pungkas Mindo.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Nganjuk Marhaen DjumadiMenurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi jajaran anggota PDIP yang duduk di DPRD Kabupaten, provinsi hingga di tingkat pusat.

Marhen berharap sinergitas ini nantinya akan membantu memperjuangkan dan mensejahterakan masyarakat desa melalui program-program dari pemeritah. “Mari bersama-sama nyawiji mbangun deso notho kutho demi terwujudnya KabupatenNganjuk yang maju dan bermartabat,” pungkas Marhaen.

Pantauan dilokasi , selain Ir Mindo Sianipar, acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, anggota DPRD Kabupaten Nganjuk Suprapto, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Judi Ernanto.

Acara tersebut juga diikuti lebih dari 150 peserta terdiri dari anggota kelompok tani, tokoh masyarakat, THL, kepala desa dan pihak terkait.

Selain kunjung lapang, acara yang digelar Ir Mindo Sianipar tersebut juga dimanfaatkan untuk mendengarkan masukan masyarakat, atau sebagai sarana menyerap aspirasi masyarakat dan konstituen.(siwi)