Gerak Cepat Damkar dalam menangani Kebakaran : Bupati Novi Resmikan Posko Damkar di Lengkong . - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, August 18, 2020

Gerak Cepat Damkar dalam menangani Kebakaran : Bupati Novi Resmikan Posko Damkar di Lengkong .



Nganjuk, radar merah putih.com -Bupati Nganjuk , Novi Rahman Hidayat secara simbolis meresmikan  POS Pemadam Kebakaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan Damkar , di wilayah  kecamatan Lengkong, Selasa ( 18/08/2020).


Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh  kepala desa  se kec. Lengkong, camat Lengkong Sarwowidodo, salah satu Anggota DPRD  Nganjuk dari Fraksi Demokrat  Fauzi Irwana , Bupati Nganjuk  Novi Rahman Hidayat , Sekda Nganjuk M Yasin ,  Kepala Dinas Kesehatan Noeroel Cholies , kepala Sat Pol PP juga seluruh anggotanya juga kordinator serta seluruh anggota Damkar .


Dalam kesempatan tersebut Camat Lengkong Drs. Sarwowidodo, menyampiakn bahwa ," selaku pemangku  diwilayah di kecamatan Lengkong ini , saya secara pribadi maupun kedinasan mengucaokan banyak terimakasih kepada Mas Bupati yang telah meluangkan waktu untuk meresmikan Pos Damkar ini , " kata Camat di mimbarnya .



 " Dikesempatan ini selain peresmian Pos Damkar juga giat dalam rangka  2000.000 Masker, namun Kusus di kecamatan Lengkong kami persiapkan 67  ribu masker yang siap dibagikan. "Jelas Camat.


Kepala Satuan Polisi Pamong Praja ( Sat Pol PP )  Drs. Abdul Wakid, MSi menjelaskan bahwa awal dari ide kami untuk mendirikan Pos Damkar di Kecamatan Lengkong ini , pada  tahun  2018 yang lalu ketika terjadi kekeringan yang luar biasa, kami mendirikan posko air bersih selama 1 setengah bulan, sehingga tergudah hati kami untuk mendirikan Pos Pemadam Kebakaran dan Alhamdulillah hari ini terwujud , " kata Wakid 


Menurutnya  hal ini Sesuai dengan PP 16 th 2016 bahwa setiap kabupaten Dan kota wajib hukumnya untuk mempunyai Dinas Pemadam Kebakaran sendiri .


Dalam sambutanya Bupati Nganjuk, H. Novi Rahman Hidayat Sos. MM, menyampaikan ," dalam waktu 4 hari bisa mengumpulkan 2 juta masker ini merupakan wujud bahwa kita bisa lebih maju dari sebelumnya, Mas Bupati berharap bahwa masker yang telah di himpun dan hari ini didistribusikan ke kecamatan-kecamatan seluruh kab. Nganjuk dengan harapan agar seluruh masyarakat Nganjuk terhindar dari virus yang lagi mewabah. Dan dalam waktu dekat akan ada instrumen pendukung yang isi nya akan memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan," kata Mas Bupati.


"Pemadam Kebakaran atau Damkar adalah satu satunya satuan gerak cepat saat mengatasi masalah kebakaran  , karena kondisi Nganjuk yang dikenal dengan kota Bayu atau kota Angin , sehingga apabila terjadi kebakaran  maka api akan cepat merambat , sehingga dengan adanya Pos Damkar yang saat ini resmi di dirikan di sini sangat membantu  masyakarakat  Nganjuk kususnya wilayah  Utara -Timur " . Lanjut Novi bupati .


Semoga dengan Damkar ini merupakan gerak cepat dalam menangani kebakaran  di tahun 2021 bisa menjadi Dinas tersendiri .(Red/ Snts )  .