Pemdes DANGUK Bangu Cor Jalan dan Polindes di Tahun Corona " - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, October 5, 2020

Pemdes DANGUK Bangu Cor Jalan dan Polindes di Tahun Corona "




Ngawi Radar Merah Putih Com.-- anggaran dana desa yang turun setiap tahunnya diharapkan dapat meningkatkan pemerataan pembangunan kesejahteraan melalui peningkatan pelayanan publik Desa serta mengatasi kesenjangan antar desa.


Tahun 2020 tak mudah mengelola Dana Desa karena dana desa sebagian besar telah terpangkas dengan penanganan covid-19 dan BLT DD yang besarnya telah ditentukan sesuai pagunya. 


Namun di tangan kepala desa Danguk Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi Hadi Sudarno ST, Dana Desa tahun 2020 setelah dipotong dengan penanganan covid -19 dan bantuan BLT DD masih bisa dimanfaatkan sesuai program yang tercantum di-ABPDes dan RKP tahun 2019.


Saat ditemui awak media Radar merah putih di kantornya pada tanggal 09- September-2020 Hadi Sudarno ST menjelaskan,  bahwa pengecoran jalan di Dusun danguk 03 Rt 02 RW 03 dengan volume 310 m x 4 m x 15 cm menyerap anggaran dana desa tahun 2020 sebesar 502.113.000 .

Pelaksanaan pembangunan di pemerintahan ke-Duanya tersebut telah sesuai dengan musyawarah dan kesepakatan BPD LPKMD dan tokoh masyarakat yang disahkan melalui musrenbangdes.



Hadi Sudarno ST menambahkan dalam pengerjaan pengecoran jalan tersebut mengunakan sistem padat karya yang melibatkan masyarakat sekitar , dengan demikian dapat membantu memberi penghasilan bagi masyarakat setempat yang tidak mampu dan tidak diterima kerja diluar karena usia. 

Dengan dilibatkanya warga masyrakat dalam setiap program pembangunan di desanya ,sehingga masyarakat akan merasa memiliki pembangunan tersebut karena merupakan hasil kerja mereka .


Selain untuk pembangunan pengecoran jalan lingkungan Dusun danguk 03 tersebut Dana Desa tahun 2020 juga untuk membuat polindes baru di samping kantor desa.

Transparansi juga hal yang dikedepankan oleh dirinya dalam memimpin desa Danguk , khususnya dalam pembangunan infrastruktur keterbukaan informasi terkait anggaran pembangunan benar-benar kami dahulukan , jangan sampai ada warga yang tidak mengetahui proses pembangunan didesa



Ia berharap adanya pembangunan ini bisa meningkatkan ekonomi warga masyarakat dalam sektor pertanian maupun perdagangan khususnya bagi warga masyarakat sekitar yang setiap  harinya menggunakan akses jalan tersebut.

Di pemerintahan ke-Duanya ia bertekad untuk memajukan desanya dalam segala bidang , baik segi infrastruktur maupun sumber daya manusianya " imbuhnya .(juned)