Sinergitas TNI-Polri Dalam Memberikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas



Nganjuk , radar merah putih com – Bhabinkamtibmas Polsek Bagor  Polres Nganjuk bersama Babinsa Koramil  Bagor  memberikan pembekalan dan pembinaan terhadap Linmas Desa Paron  Pembinaan dilakukan di  pendopo kantor Balai Desa  Paron , Sabtu (05/11/2020).


“Sebagai wujud sinegritas Bhabinkamtibmas bersama Babinsa memberikan pembekalan dan pelatihan Linmas di Desa Paron . Kegiatan juga sebagai wujud kekompakkan Polri dan TNI dalam pembinaan terhadap masyarakat,” kata Kapolsek Bagor  Iptu  Tomy , kepada media ini.


Kapolsek Bagor  menjelaskan materi pembekalan yang disampaikan yaitu tentang tugas pokok Linmas. Selain itu, diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar baris-berbaris, gerakan pengaturan lalu lintas dan bela diri dasar. Dilakukan juga pengecekan sikap tampang dan penggunaan seragam Linmas.



“Pembekalan dan pelatihan Linmas dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas di masing-masing Desa. Harapannya Linmas bisa membantu melaksanakan tugas serta mendukung tugas Polri dalam pengamanan kegiatan,” jelas Tomy 


Lebih lanjut ia  menjelaskan ," garis besar tugas Linmas adalah membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu ," kata laki laki asal luar Jawa ini .



“Dan membantu upaya pertahanan negara serta fungsi Linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip,” lanjutnya


Ditambahkan Darmantono Kabid Linmas dari Sat Pol PP Nganjuk , memberikan materi disiplin dan semangat Bela Negara. Menurutnya Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara.


“Serta kedisiplinan adalah modal pokok dalam keberhasilan melaksanakan tugas ataupun kegiatan,” katanya.



Sementara itu, Kepala Desa Paron  ,Partono  yang hadir dalam kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri dan TNI yang telah memberikan pelatihan Linmas. Dengan pelatihan ini, anggota Linmas di wilayahnya bisa menambah kemampuan dan pengetahuannya.


“Adanya pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah kemampuan Linmas sehingga diharapkan Linmas mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan peranannya,” pungkas Partono . ( Tim )


Post a Comment

0 Comments