Persiapan Pemekaran Desa , Paruga Sante dan Safaa Jaya . - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, December 27, 2020

Persiapan Pemekaran Desa , Paruga Sante dan Safaa Jaya .




NTB , radar merah putih.com lagi- Paruga Sante dan Safaa Jaya Calon Desa persiapan " Dompu Cakrawalaonline_ Paruga Sante dan Safaa Jaya menurut rencana pemerintah dan DPRD Calon Desa persiapan karena akan di mekarkan tahun 2021 Mendatang. 


Dengan wacana pemerintah dan DPRD Kab.Dompu paruga Sante dilihat filosofis sejarah dan budaya mendukung , Paruga = sanggopa : Historis sejarah menjelaskan bahwa pada zaman dahulu kala ,saat ini simpang dua yakni jalur Kore dan kilo dan jalur Kempo _ pekat disimpang dua inilah paruga tempat singgah para pejalan kaki tahun 70-an itulah Tokoh pendiri Desa persiapan memberikan sebuah nama Desa " PARUGA SANTE " . 


Adapun tokoh pendiri yakni Marjan mantan anggota Dewan era tahun 2014_2015, Puasa(Ama peso)akrabnya, H.Ismail, A.Karim, Lukman , Arifin H.Hasan, Madura. Selain itu pemuda , staf Desa Doromelo, Barat, karang taruna, dan panitia pengusung calon Desa Persiapan paruga Sante, kadis Mekar Sarri dan Kadus Sanggopa Jaya . Bukan saja berasal dari sejarah dan filosofis terbentuknya sebuah Desa baru karena layak memiliki fasilitas dan daya dukung sarana prasarana gedung kantor Desa, gedung pendidikan serta pos pelayanan terpadu, dari skala prioritas Paruga Sante tak jauh lahirnya bersama manusia di Kempo dan Banggo.

Dan telah memenuhi syarat dengan jumlah penduduk 568 KK, jumlah penduduk hampir 2000 an lebih ujar mantan anggota Dewan Marjan. Sementara Transad baru seumur jagung di era tahun 1982 adanya program transmigrasi angkatan darat teruntuk bapak bapak purnawirawan TNI. Terkait dengan tarik ulur kedua calon desa persiapan Desa Doromelo ketua komisi 1 Ir Mutaqun dan Kurniawan kepada wartawan mengatakan akan di lakukan ferifikasi oleh pemerintah dan DPRD di kirim ke pemerintah Propinsi .

   


Demikian pula Safaa Jaya atensi masyarakat dan pemuda ingin mekarkan Desanya agar pelayanan publik dan pelayanan masyarakat semakin dekat dan cepat , karena relatif jauh dari Desa Induk " Lanci Jaya ". Adapun struktur panitia calon kades persiapan dan panitia Usman M.Ali, sekretaris Ridwan Ramli dan bendahara Makarau Ahmad.menurut Kadus lanci 3 masyarakat telah melakukan pengusulan sejak tahun 2004, 2019, dan 2020 mudah mudahan ada realissasinya ujar Kadus Ramli.

    



Wakil Ketua DPRD Dompu Jamaludin dan ketua komisi 1 Mutaqun  telah berkunjung dan melakukan monitoring potensi calon Desa persiapan dan akan menerima aspirasi masyarakat dalam rangka mempercepat pelayanan pablik dan pelayanan adminstrasi  masyarakat semakin dekat dan lancar, wakil ketua DPRD akan memperjuangkan aspirasi masyarakat ujarnya 27/12/20 .  Pemekaran Desa di Kecamatan Manggelewa bukan mimpi lagi tapi telah di rekomendasikan untuk di mekarkan antara lain Desa Kwangko di mekarkan menjadi dua yakni Desa Bajo jaya , Desa Suka damai , lanci jaya dan Doromelo .(red)