-->

Author Details

Sekda Dompu Resmikan Gedung UMKM di Songgajah Kempo

Friday, March 12, 2021, March 12, 2021 WIB Last Updated 2021-03-12T20:08:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini





NTB , Dompu radar merah putih.com -  Gedung Usaha Mikro Kecil & Menengah(UMKM) yang  pusat sentralnya ada di Desa Songgajah Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu , resmi dibuka langsung oleh sekda .yang saat ini mewakili bupati terpilih . Beliau tidak bisa hadir karena sesuatu hal yang tidak bisa diinggal .


Gedung UMKM  tersebut memakan biaya sebesar Rp 800 juta ,  di bangun tahun 2020 lalu , dan hari ini  diresmikan oleh  sekda .mewakili bupati  . 


Dalam sambutanya Bupati melalui sekda menyampaikan ," Sejak hari ini dan seterusnya  , kami berharap adanya pemanfaatan gedung UMKM ini , yang mana sebagai tempat atau bertemunya pedagang dan konsumen serta tempat berkumpulnya  produk unggulan yang ada di Kecamatan Kempo ini , " katanya  sambil tersenyum bangga .


" Dengan adanya gedung UMKM ini , utamakan kearifan lokal , manfaatkan produk dalam sendiri , kembangkan dan budidayakan produk yang sudah ada , sehingga produk produk dari dalam Daerah bisa banyak dikenal oleh kalangan masyarakat di luar Daerah Dompu ini ," jelas orang nomor satu di Kabupaten Dompu ini 



Masih kata sekda  ,  Drs. H.Muhibudin M.Si Setda Dompu menjelaskan pemanfaatan gedung UMKM, sebagai bentuk, kepedulian yang tinggi pemerintah  di samping meningkatnya usaha mikro kecil dan menengah di masa akan datang.


Muhibuddin dengan spontan memberi semangat kepada Sunarti  salah satu  perempuan  yang memiliki  kemapuan " Life skill " mengolah hasil Bumi, dengan home industri milik Sunarti ini , adalah makanan dan minuman dari olahan hasil pertanian , Sunarti mampu membuat perekonomian masyarakat disekitarnya menjadi lebih baik , dengan pemberdayaan masyarakat sekitarnya  sehingga produk olahan tersebut memiliki khas tersendiri . 


Adapun pemanfaatan gedung untuk memasarkan menu makanan yang berasal dari hasil bumi, pertanian dan perkebunan secara sentral 4 Kecamatan yakni : Kempo , pekat, Manggelewa dan Kilo.


Dari hasil bumi baik dari pertanian  perkebunan  maupun kehutanan , tersedia  juz jagung, kacang jagung, tepung jagung , beras jagung, kacang mente, juz mente, manisan pepaya, kerupuk gadung, abon mente, dan madu.


   Sunarti mengatakan selama ini daya beli masyarakat Dompu sangat tinggi, bukan saja masyarakat lokal namun warga NTB, dan luar NTB ujar Narti.


Reporter : Zun.

Komentar

Tampilkan

Terkini