Dirjen Bea Cukai Minta Dukungan Naikkan PNBP ke Kapolri - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, April 19, 2021

Dirjen Bea Cukai Minta Dukungan Naikkan PNBP ke Kapolri

 



JAKARTA, radar merah putih com  - Sowan ke Kapolri guna untuk minta dukungan atas kenaikkan PNPB( penerimaan negara bukan pajak ) , guna agar  pendapatan negara bisa maksimal , 

Dirjen Bea Cukai Askolani bersilaturahmi dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/4/2021). 


Pada pertemuan tersebut, Askolani berharap kepada  Digit Listyo Prabowo agar dukungan dari Polri terkait tugas-tugas kepabeanan. “Meminta dukungan terhadap Polri berkaitan dengan menaikkan PNBP (penerimaan negara bukan pajak) di lingkungan bea cukai agar pendapatan negara bisa maksimal,” kata  Sigit dalam keterangannya. 


Selain itu, Askolani selaku  Dirjen Bea Cukai meminta agar nota kesepahaman atau MoU yang telah terjalin selama ini dengan Polri dikembangkan pada level seluruh Polda jajaran. 


Masih menutut  Kapolri “Kami Polri, tentunya mendukung terkait upaya Bea Cukai guna menaikan PNBP sehingga pemasukan terhadap negara meningkat,” tandas Sigit. 


Mengingat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Polri telah lama menjalin kerja sama dengan memperkuat sinergitas kegiatan. Hal itu untuk mencegah berbagai praktik ilegal seperti penyelundupan barang-barang ilegal termasuk narkoba. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan negara sebagaimana diintruksikan oleh  Presiden Joko Widodo (Jokowi).




Dijelaskan pula bahwa  Bea Cukai adalah suatu lembaga yang berurusan dalam ekspor dan impor. Posisi Bea Cukai dapat disetarakan dengan lembaga konvensional, seperti pengadilan, polisi atau militer. Namun dalam lembaga atau Badan Bea Cukai  lebih disebut Kepabeanan. Perdagangan internasioanl memiliki kaitan erat dengan Bea Cukai. Sebagai instansi yang mengawasi lalu lintas dan pemungutan Bea masuk dan Bea keluar.


Biasanya para pengusaha dan pelaku bisnis yang ingin beralih ke perdagangan internasional akan bergerak di industri digital atau perdagangan online. Cara ini mebuat target lebih mudah menuju perdagangan internasional karena pemasaranya lebih cepat dan luas hanya bermodalkan internet. Ketika sudah berhasil menjalankan perdagangan internasional dan memiliki beberapa cabang perusahaan, dapat diartikan bahwa perusahaan tersebut sudah menjadi perusahaan multinasional.


Dengan adanya Bea Cukai, dapat melindungi masyarakat indonesia dari penyeludupan dan perdagangan ilegal.


Pengertian Bea Cukai Lembaga Bea Cukai mempunyai dua istilah pengertian yang berbeda. Bea Cukai memiliki dua kata yaitu Bea dan Cukai. Bea adalah suatu tindakan pungutan dari pemerintah terhadap barang ekspor dan impor, sedangkan pengertian dari Cukai sendiri merupakan pungutan suatu barang yang memiliki karakteristik yang sudah ditetapkan dalam Undang-undang Cukai. Namun bila disatukan, Bea Cukai merupakan tindakan pungutan dari pemerintah terhadap barang ekspor dan impor serta suatu barang yang memiliki karakteristik khusus.


Sumber : Hms 

Reporter : siwi .