Mengantisipasi Longsor Dimusim Hujan , Pemdes Suluk Membangun TPT Di Dusun Krajan "* - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Wednesday, April 14, 2021

Mengantisipasi Longsor Dimusim Hujan , Pemdes Suluk Membangun TPT Di Dusun Krajan "*

 




Madiun radarmerahputih. Com--  Tembok Penahan Tanah ( TPT) suatu  bangunan yang berfungsi untuk menstabilkan tanah tertentu ,meminimalisir terjadinya longsor atau pergeseran tanah.

Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun merupakan salah satu desa di kabupaten madiun yang mempunyai struktur tanah yang cukup labil.

Untuk itu mengingat curah hujan yang begitu lebat tahun ini , maka Pemerintahan Desa Suluk ini memperioritaskan pembangunan Tembok Penahan Tanah tersebut .




Saat di temui dikantornya Kepala Desa Suluk Kecamatan Dolopo Susilo Budi Santoso mengatakan , " memang  tahun 2021 menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintahan desa dalam merealisasikan pembangunan. disamping masih di prioritaskan untuk  BLT Dana Desa (DD) yang besarnya maximal 30% dari pagu penerimaan Dana Desa masing-masing , masih harus dianggarkan 8% dari pagu DD untuk penangan pandemi corona virus Disease covid-19 ,sehingga banyak kegiatan fisik yang ter-cancel. " Jelas kades Budi kepada media ini .

" Jadi kami benar-benar selektif dalam melaksanakan program pembangunan tahun ini." Jlentreh kades Suluk.

Masih menurutnya , " maka saya bersama lembaga BPD Mengadakan Musyawarah Desa Kusus/Dusun ( Musdessus ) untuk menentukan prioritas fisik mana yang akan di realisasikan terlebih dahulu ," lanjutnya .

Diakhir perbincanganya , " dari hasil Musdessus kami sepakat mendahulukan program pembangunan Talud lingkungan RT 13 RW 06 dukuh Krajan dengan volume 63 M x 04 M x 1 ,5 M dengan mengunakan Anggaran sebesar 63.235.000 dari dana desa tahun 2021." Jelas kades saat diruanganya .

Pembangunan talud ini bertujuan untuk memperkuat sisi bahu jalan agar tanahnya tidak longsor , mengingat daerah tersebut struktur tanahnya cukup labil .



Ditambahkan oleh Kades Suluk Susilo Budi Santoso"  pelaksanaan pekerjaan pembangunan Talud tersebut adalah hasil kerja keras tim pelaksana kegiatan (TPK) desa Suluk." Kata kades Suluk .

Tugas kepala desa hanya memonitoring pengerjaan yang di laksanakan oleh TPK.

Ia juga bertekad untuk memujudkan impian masyarakat dalam segala bidang ,baik infrastruktur maupun peningkatan sumber daya manusia .

Sesuai tujuan saya , sebagai pemimpin di Desa Suluk ini , dengan niatan yang tulus dan   ihklas , secara pribadi maupun kepemerintahan Desa , saya bersama lembaga yang ada di sini juga perangkat desa yang ada , bertujuan  memajukan desa Suluk , biarlah orang menilainya tanpa saya berkata , bisa di lihat hasilnya saatnya nanti. "Imbuhnya  


reporter : Yono

Editor.   ; Bimo