-->

Author Details

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI maruli simanjuntak , MSC berkunjung ke Kempo

Tuesday, April 27, 2021, April 27, 2021 WIB Last Updated 2021-04-27T07:42:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


NTB, Dompu  radarmerah putih"- Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak , Msc berkunjung kekecamatan Kempo kabupaten Dompu NTB, khususnya bersinergis dengan kotamil1614-02 Kempo, Selasa 27/4/21.

   Tujuan berkunjung kekoramil Kempo melihat secara dekat kegiatan Koramil kempo yang menanam bawang merah  guna mengajak pola pikir  masyarakat untuk menanam bawang merah.

   Pangdam IX udayana Mayjen TNI, Maruli simanjuntak melirik kekecamatan kempo , guna bersinergis dan tatap muka dengan petani bawang merah di Kecamatan Kempo.

    Mayjen TNI, Marulisimanjuntak  Msc, dalam Rangka kunjungan kerja kekempo didampingi Bupati Dompu Akaderjaelani , Dandim 1614 Dompu Letkol Inf.Alicahyono, S.Kom, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH,Sik , Kejari Dompu, Kadis pertanian dan perkebunan, Kadis perikanan dan kelautan , Camat Kempo Lukman BA, Danramil 1614-02 Kempo Kapten Inf.Muh.Yamin, Kapolsek Kempo Iptu Zuharis serta anggotanya.



    Selain itu hadir PNS, dan Kades sekecamatan Kempo, antra lain Taufik Kades Dorokobo, Awaludin Kades Soro barat, Yazid kades Desa Soro , dan Muhtar S,sos.

   Kegiatan kunker Pangdam turut hadir Ibi- ibu Persit Kartika Chandra Kirana ranting 02 Kempo.

    Dalam acara kunjungan kerja pangdam IX/Udayana Mayjen Marulisimanjuntak Msc, diawali sambutan camat Kempo Lukman BA, mengungkapkan Alhamdulillah Allah masih memberikan umur panjang hinga kita bisa berkumpul di kempo ini ujar Lukman .

   Camat Kempo Lukman BA, atas nama masyarakat merasa bangga atas kunjungan pangdam ,  artinya bapak Mayjen Maruli Simanjuntak peduli dengan masyarakat Kempo, semoga dengan kedatangan bapak pangdam membawa kebaikan dan perubahan pola pikir masyarakat Kempo , khusunya petani bawang ujar Lukman. 

    Dan ucapan terimaksih kepada Danramil Kempo yang telah memberikan kontribusi dan binaan masyarakat kami ucap Lukman BA, sehingga nantinya dapat meningkatkan ekonominya dengan melalui pola tanam bawang merah.

   Kami berharap semoga petani bawang merah kedepan merasa aman dan jauh dari halangan dan rintangan , semoga pelaksanaan program ketahanan pangan di kempo semakin meningkat dan maju.

    Pangdam IX Udayana Mayjen Marulisimanjuntak Msc , mengatakan apresiasi dibawah kendali Koramil Kempo telah menciptakan karya karya dan tangan tangan terampil bisa mengembangkan ketahanan pangan di Kecamatan Kempo, namun disisi lain adalah pendistribusian dalam meningkatkan penghasilan ekonomi masyarakat Kempo, dan Dompu pada umumnya.

    Demi suksesnya program ketahanan pangan , Pangdam Udayana akan meringankan beban masyarakat dengan memberikan irigasi air pertanian, perikanan dan kelautan, untuk mendorong kegiatan tersebut perlu adanya sebuah sistim, sehingga memotifasi dan inovasi baru dalam membuka lahan pertanian di masa akan datang.



    Pangdam berharap akan bertambah lahan baru di dunia usaha pertanian melalui bawang merah . Sementara itu Dandim 1614, Dompu dalam penyampaian program unggulan swasembada pangan dalam komuditi unggulan bawang merah , Dandim telah membantu kelompok tani Mada duli, yang dipimpin oleh " Sahlan "dan dibantu melalui penyuluhan PPL Desa Ta,a Kecamatan Kempo Sahwan SSt.

    Kegiatan tersebut tak jauh dari potensi lahan yang cukup lebih kurang 1,6 ha, dan 1 lahan lagi milik masyarakat umum. Salah satu bantuan material bapak Dandim membantu dengan air irigasi yang di bor, dan alsintanya. Kemudian terjadwal kegiatan  melalui kalender 11_20 Maret 2021, itu proses persiapan lahan. Lalu tanggal 25_26 Maret penanaman bawang merah , 2 April 2021 pemupukan kedua.

    Danramil  1614,/02_ Kempo , menjelaskan tentang areal lahan di kerjakan hanya 60 are,   didukung oleh dana anggaran 60 juta, bibit 600 kg, kini menghasilkan 80 ton papar danramil Kempo Muh.Yamin.

   Danramil Kempo kapten Inf.Muh.Yamin mengharapkan agar kestabilan harga sehingga ekonomi masyarakat semakin tinggi ujar Yamin.

   Dalam menunjang kegiatan masyarakat ketua gapotan meminta bantuan untuk alsinta yaitu pengadaan alat alat pertanian seperti traktor dan mesin pompa air ukuran 5 PK, serta bor air . Sementara kades dorokobo Taufik minta bantuan bibit bawang merah, dan Sudirman Konte harapkan bantuan alat alat pertanian , seusai paparan pangdam melakukan monitoring  lokasi bawang merah di belakang kantor Danramil Kempo..

Sumber  : hms 

Reporter ; zun /iksa .

Komentar

Tampilkan

Terkini