Aksi Solidaritas Masyarakat Sumbawa Untuk Rakyat Palestina*

 




Sumbawa,radarmerahputih com-- Aksi massa Sumbawa Untuk Palestina demo kecam aksi Brutal  Israel terhadap  Rakyat Palestina dengan hastag #Aksibelapalestina Jumat, (21/05/21) siang.


Kegiatan aksi  Sumbawa Bela Palestina  diawali dengan melakukan  long march dari Lapangan Pahlawan, jam gadang sampai hingga  di kantor Bupati. Aksi dikawal  langsung oleh Kepolisian Polres Sumbawa.


Dalam Massa  Aksi, tergabung dalam Aliansi  Sumbawa untuk palestina;   Bem Se-Sumbawa, KAMMI Sumbawa, Karang Taruna Pupinka,  Sumbawa Peduli Jilbab, Fsldk Zone, Relawan Nusantara

HMI UTS, Rohis Sumbawa, Lentera Maca, KNRP Sumbawa,  Karang taruna sebasa, Pemuda Muhammadiyah Sumbawa.


" Walaupun Aksi diteriknya matahari siang ini menunjukkan bahwa  pemuda-pemudi, mahasiswa-mahasiswi, dan masyarakat Sumbawa berdiri tegak bersama Palestina, guna mendukung dan mendorong agar kemerdekaan Palestina dapat sepenuhnya di rebut kembali," Tegas Juliadi, S.T.P Korlap Aksi.

Sementara, Koordinator umum Aulia Nurrahman, S.T.P menyampaikan orasi pembuka Aksi  bentuk keprihatinan yang mendalam dan bentuk solidaritas kami sebagai masyarakat Sumbawa terhadap saudara-saudari  di Palestina,"tegasnya



Lanjut Aul, walaupun jaraknya di Sumbawa jauh dari  dari Palestina, walaupun kita terpisahkan  oleh jarak dan waktu namun itu tidak menjadi alasan untuk tidak membela Palestina. Karena umat muslim itu dimanapun berada, mereka tetap satu kesatuan. Ibarat sebuah tubuh apabila salah satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya akan merasakan sakitnya," ungkapnya kordum aksi.


"Begitupun di Sumbawa yang walaupun tidak secara langsung disana ikut juga merasakan sakit dan luka apa yang dirasakan rakyat palestina. 


Selain itu, aksi Bela Palestina ini tidak hanya di dasari oleh dasar agama namun atas dasar   kemanusiaan dan kebangsaan," tuturnya.



Massa aksi Sumbawa Bela Palestina  massa aksi menyampaikan tuntutannya di depan Kantor Bupati Sumbawa.

 

Mengecam dan mengutuk dengan keras perilaku Zionis Israel yang melakukan 

penjajahan, penindasan, kebiadaban dan kekejaman terhadap Palestina.


Mengecam Amerika dan para pendukung perilaku biadab Zionis Israel terhadap bangsa Palestina. Sebab tindakan mereka dalam mendukung Penjajahan Israel terhadap Palestina telah bertentangan dengan semangat Perdamaian Dunia dan pengakuan Hak-hak Negara-Bangsa untuk hidup dengan Sejahtera, Aman, Merdeka dan Berdaulat.

Mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina.

Mendorong Pemerintah untuk mendukung kemerdekaan Palestina dengan lebih agresif dan progresif.


Mendorong Pemerintah untuk menjamin keselamatan seluruh WNI yang berada di Palestina yang berjuang sebagai garda terdepan aktivis kemanusiaan.


Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menyerukan, menyuarakan, serta mendukung kemerdekaan Palestina baik dengan kampanye di media sosial, berinfaq, shodaqoh dan hal apapun yang bisa dan sanggup dilakukan.


Mendorong pemerintah Sumbawa untuk mengeluarkan surat edaran dan kebijakan terhadap instansi- instansi dan desa-desa yang ada di Sumbawa untuk mengeluarkan infak berupa uang dll, untuk sebagai bentuk dukungan support kemerdekaan Palestina.


Mendorong pemerintah untuk mengeluarkan surat edaran terkait pengibaran bendera Palestina di setiap desa-desa dan instansi-instansi yang ada di Sumbawa. 

Mendorong Pemerintah Sumbawa untuk mengeluarkan surat edaran terkait Instruksi sholat goib kepada masyarakat Sumbawa. 

Mendorong pemerintah untuk mengeluarkan pernyataan sikap untuk memboikot produk² Yahudi yang ada di Indonesia, terkhusus Sumbawa. 

Massa  aksi diterima langsung oleh Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah didampingi oleh Sekda Drs. H. Hasan Basri, MM.

"Dalam waktu yang sama menanggapi Tuntutanassa aksi , disampaikan Drs. H. Mahmud Abdullah kami sudah menunjukan empati dan solidaritas kemanusiaan terhadap Kondisi Rakyat Palestina yg menjadi korban  serangan militer Israel dan sudah mengeluarkan Surat Edaran himbauan nomor : 338/235/PEM/2021 untuk melaksanakan istighosah untuk perlindungan dan pertolongan Saudara-saudara  rakyat palestina,' tuturnya.

Lanjut Bupati, menyampaikan Aksi-aksi Seperti ini Pemda sangat  mendukung apa yg dilakukan masyarakat Sumbawa yg anti terhadap tindakan kekerasan Israel dan mendukung  rakyat Palestina,  Pemda akan menyampaikan tuntutan aksi ke pemerintah ketingkat yg lebih tinggi Provinsi dan Pusat," tutur Bupati Sumbawa.

Aksi diakhiri dengan tetrikal menampilkan aksi Israel terhadap masyarakat Palestina yang mendapat kekerasan dan tindak brutal  oleh Israel.

"Alhamdulillah aksi solidaritas untuk Palestina berjalan dengan kondusif, tertib dan tetap menjaga prokes hingga massa aksi membubarkan diri dengan tertib.

Sumber : Humas 

Reporter : Ardiansyah 

Post a Comment

0 Comments