HIPPA Tirto Mulyo Desa Gondangkulon Realisasikan Program P3TGAI Bantuan Balai Besar Brantas , Bangun Saluran Irigasi Pertanian

 



Nganjuk ,radar merah putih.com- Untuk meningkatkan debit air di areal persawahan Desa Gondangkulon  Kecamatan Gondang Kabupaten  Nganjuk  Jawa Timur. Pemdes Gondangkulon  melalui Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Gondangkulon merealisasikan program P3TGAI dengan membangun saluran irigasi di persawahan desa itu. 


Bangunan tersebut berasal dari Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS) Brantas yang pengerjaanya dengan cara swakelola. Dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan para petani.



Kepala Desa Gondangkulon , Sugiharto saat ditemui diruanganya beberapa waktu lalu  mengatakan, pihaknya mendapat bantuan Program Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas .


Volume bangunan irigasi tersebut panjangnya sekitar 270 M ( kanan , kiri) dengan ketinggian 90 cm.” Bantuan tersebut tentunya dapat meningkatkan hasil pertanian di Desa Gondangkulon hingga15 persen,” katanya.



Lokasi persawahan Desa Gondangkulon  yanga  dibangun saluran irigasi


Kades Sugik  ( panggilan akrabnya ) menjelaskan jika mayoritas penduduk di Desa Gondangkulon adalah petani, diperkirakan jumlah mereka sekitar 90 % dari seluruh penduduk. Ia  menuturkan  ” Yang saat ini mendapatkan bantuan pembangunan irigasi dari DAS  Brantas  adalah kelompok  HIPPA Tirto Mulyo , ” tuturnya


Kades Sugik menambahkan, petani di Desa Gondangkulon mampu menanam sampai 3 kali panen dalam setahun.


Pihaknya berterima kasih kepada pemerintah pusat, utamanya Balai Besar Brantas  yang telah memberikan bantuan irigasi di Desa Gondangkulon ini . 



Menurut Kades hal itu sangat bermanfaat karena dengan adanya bantuan tersebut petani di Desa Gondangkulon  tidak akan kekurangan air, paling tidak di Desa  Gondangkulon pengairan pertanian semakin lancar dan bisa mengaliri seluruh lahan pertanian di desa ini.


” Terima kasih kepada pemerintah pusat, utamanya Balai Besar Wilayah Brantas  (DAS Brantas )  yang telah memberikan bantuan. Dengan adanya bantuan ini sangat bermanfaat bagi petani di Desa Gondangkulon . Persawahan mereka tidak sampai kekeringan,” tandas  Kades Sugik .


Sugik  kades menambahkan, musim tanam petani di Desa Gondangkulon  biasanya pada bulan Desember kemudian pada Bulan April sudah memasuki musim panen padi. Kemudian pada Bulan Juli sudah memasuki masa panen kedua . Terakhir pada Bulan Oktober sudah memasuki masa panen polowijo.



Sementara itu Tambar selaku ketua HIPPA Desa  Gondangkulon  mengatakan,  dirinya juga seluruh anggota  berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan selesai dengan apa yang direncanakan. Sehingga bisa segera bermanfaat bagi para petani .


Reporter : siwi p

Editor.     : Bimo .

Post a Comment

0 Comments