Polres Jember :Sebagai Komitmen Tidak Lahgun Narkoba, Anggota Polres Jember Tanda Tangani Pakta Integritas

 




Jember ,radarmerahputih.com– Upaya dalam pemberantasan dan memutus mata rantai peredaran narkoba, Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, SIK, MH bersama seluruh pejabat utama dan anggota melaksanakan ikrar dan melakukan penandatanganan Pakta Integritas anti narkoba di halaman Mapolres Jember, Kamis pagi (27/5) 2021.


Kegiatan Diawali dengan pembacaan ikrar dan penandatanganan Pakta Integritas anti narkoba dipimpin Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, SIK, MH dan dikuti oleh seluruh anggota Polri dan PNS Polres Jember.


Adapun Ikrar Yang Dibacakan Kapolres Jember yakni :


Kami selaku anggota Polres Jember dengan penuh kesadaran dan bersungguh-sungguh berkomitmen untuk :



Komitmen Tidak Menyalahgunakan Narkoba, Personel Bidpropam Polda Jatim Tandatangani Pakta Integritas

 

1.Tidak akan pernah dan tidak akan terlibat dalam penyalahgunaan dan/ atau pendistribusian Narkoba


2. Apabila terbukti menyalahgunakan narkoba maka kami siap menerima sanksi berupa siap dimutasi, dipidana dan siap diberhentikan tidak dengan hormat dari kedinasan Kepolisian Negara Republik Indonesia



Setelah pembacaan Ikrar yang diikuti oleh seluruh personil Polres Jember dilanjutkan penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen untuk tidak menyalahgunakan Narkoba oleh perwakilan anggota Polri dan PNS Polres Jember yang sudah ditunjuk.


Kegiatan ini dilakukan, sesuai dengan instruksi pimpinan Polri dan Kapolda Jawa Timur, bahwa Polri khususnya Polres Jember dalam memberantas peredaran narkoba serta tidak akan terlibat dalam penggunaan maupun peredaran narkoba.


Pada kesempatan ini Kapolres Jember menyampaikan arahan dan beberapa komitmen anti narkoba, salah satu diantaranya jauhi dan hindari penggunaan narkoba dalam bentuk dan jenis apapun.


“Hindari dan jauhi penggunaan narkoba dalam bentuk dan jenis apapun, berantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Jember,” ucap Kapolres Jember


Selian masalah narkoba, Kapolres Jember menyampaikan beberapa penekanan diantaranya yakni, “Guru yang paling baik adalah pengalaman sedangkan pengalaman tidak harus diri sendiri tapi kita bisa belajar dari orang lain”.


Penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri, sudah diwanti oleh Kapolri dan Kapolda Jawa Timur. “Tak ada toleransi anggota yang terlibat penyalahggunaan narkoba,” tegas Kapolres.


Untuk menghindari perbuatan yang menyimpang dari aturan, Kapolres mengajak seluruh personil untuk selalu bersyukur dan bentuk pengawasan sudah kita pasang di setiap ruangan satfung di pasang CCTV. Bahwa pelanggaran yang dilakukan anggota tidak mutlak salahnya anggota, tetapi juga menjadi tanggung jawab Pimpinan diatasnya berarti tidak melakukan pembinaan dan pengawasan anggota di lapangan dengan baik sehingga terjadi pelanggaran anggota.


“Ketika kita bersyukur maka rejeki akan dilimpahkan dan jika kufur nikmat maka azab Allah sangat pedih. Mari kita wujudkan rasa syukur kita dengan wujud, kita laksanakan Tugas, Wewenang dan tanggung jawab mau diawasi atau tidak diawasi kendalinya pada diri masing- masing,” ujar Kapolres.


Tujuan dari dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas adalah untuk memperkuat komitmen bersama dalam penyalahgunaan narkotika maupun peredarannya serta menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta memperlancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel juga termasuk untuk mewujudkan aparatur yang bertanggung jawab dan bermanfaat.


“Komitmen ini tidak hanya untuk operasional dalam pengungkapan kasus saja namun Komitmen ini juga berlaku untuk lingkungan internal Polres Jember yang wajib bersih dan terbebas dari pengaruh Narkoba,” lanjut Kapolres.


Ia juga menyebut, komitmen yang diucapkan dan ditandatangani hari ini sebagai peringatan keras bagi seluruh anggota Polres Jember.


“Jikalau ada anggota yang terlibat dan terbukti menyalahgunakan narkoba, tentu akan ditindak secara tegas sesuai prosedur dan Kode Etik Kepolisian,” pungkas AKBP Arif. 


Sumber.       :  Humas

Responden  : R zal .

Post a Comment

0 Comments