-->

Author Details

Kelompok HIPPA Tirto Sari Tegalrejo Pulung Ponorogo , Giat Bangun Saluran Irigasi dari Program P3TGAI anggaran 2021

Monday, June 7, 2021, June 07, 2021 WIB Last Updated 2021-06-07T12:38:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Ponorogo , radar merah putih.com-Anggota Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Tegalrejo  Kecamatan Pulung  Kabupaten Ponorogo   melaksanakan kegiatan  pembangunan jaringan irigasi sepanjang 300 Meter (ka - Ki )  di persawahan yang terletak di area persawahan dusun Pendak  Desa Tegalrejo .


Mewakili. kelompok HIPPA Tirto  Sari , Agus Pujiono  Kepala Desa saat ditemui dikediamanya oleh media ini menyampaikan ," saat ini desa kami , di kelompok HIPPA Tirto  Sari   benar mendapat bantuan dari  Bengawan Solo , bantuan tersebut dari program P3TGAI ( program percepatan penggunaan tataguna air irigasi ) ,dari anggaran tahun 2021," jelas kepala desa .


Kucuran dana dari Kementrian melalui program P3TGAI  yang dilewatkan Widas Bengawansolo   dan Melalui  PUPR yang  anggaranya bersumber dari  APBN tahun 2021 sebesar Rp195 .000.000,-( seratus sembilan puluh lima juta rupiah ) yang dianggarkan untuk Desa Tegalrejo   kususnya Kelompok. HIPPA Tirto Sari    , memang sengaja dialokasikan untuk membangun sebuah jaringan irigasi, karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan nilai produksi pangan para petani di desa tersebut.


“Pembangunan jaringan irigasi sepanjang 300 ( ka - Ki )  Meter kanan kiri ini merupakan program kegiatan HIPPA Tirto Sari Desa  Tegalrejo Kecamatan  Pulung  Kabupaten Ponorogo , sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian, untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” terang Agus ketua kepala desa Tegalrejo,  Senin  (07/06/2021).


Pembangunan irigasi tersebut menggunakan pekerjaan pasangan berupa batu kali atau batu gunung, dengan susunan batu raen (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.



Ia membeberkan, pengerjaan irigasi itu sudah hampir selesai , kira kira 80% ,  dan mudah mudahan dalam Minggu ini bisa segera selesai .

Dan berharap dengan saluran irigasi tersebut di  setiap musim hujan bisa mengatur jalanya air juga mengatur air gadu bisa berjalan ,sehingga perairan di sawah bisa maksimal dan bisa menghasilkan panen yang memuaskan . 


" Untuk pelaksanaan proyek irigasinya dimulai sejak awal Bulan Ramadan bulan lalu l, dari pekerja ( kuli , tukang ) kami ambilkan dari warga sekitar , sesuai tujuan dari program tersbut , padat karya tunai dan mengkaryakan warga sekitar ,' lanjut  Agus kepala desa  kepada media ini.


Diakhir perbincanganya “Agar semua fungsi dapat di gunakan dan dinikmati para petani yang ada di desa ini,” pungkas orang nomor satu di Tegalrejo ini .


Reporter.  :. Siwi p

Komentar

Tampilkan

Terkini