Dompu Gelar Musrenbang Secara Virtual RPJMD Bappeda Tahun 2021 -2026

 

Wakil bupati  Dompu .

DOMPU, Radar merah putih ,com – Musrenbang RPJMD Kabupaten Dompu Tahun 2021-2026, diselenggarakan secara Virtual. Kegiatan itu berlangsung melalui zoom meeting, Kamis (22/7).


Kegiatan itu diikuti Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, Pimpinan dan Anggota DPRD, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah dan para pejabat struktural lingkup Pemkab Dompu, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, LSM, pimpinan instansi vertikal dan Insan  pers.


Dalam sambutan saat membuka Musrenbang RPJMD itu, Bupati Dompu Kader Jaelani, menjelaskan, kegiatan ini kembali diselenggarakan melalui metode offline sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19.

    Bupati dalam sambutan memaparkan visi kedepan tahun 2021_ 2026 , yaitu : Mewujudkan masyarakat Dompu yang mandiri sejahtera, unggul dan religius atau " Mashur". Visi sejahtera, Bupati Dompu menurut rencana menghendaki  Kabupaten Dompu, terlepas dari kerisis pangan, sandang, serta menciptakan lapangan kerja dalam rangka menanggulangi pengangguran.

    Visi : Unggul Pendidikan di Kabupaten Dompu, memiliki ouput dan life Skill, yang nantinya memiliki pusat pendidikan dan latihan sumber daya manusia (SDM), yang handal dan berkualitas .

Visi religius : meningkatkan nilai nilai ibadah dan Akhlaqul qarimah , sosial budaya , sehingga Kabupaten Dompu menjadi masyarakat yang memiliki sikap dan perilaku sesuai tatanan Agama , yang intinya taat beribadah kepada Allah SWT.

   Merujuk kepada misi kedepan Kabupaten Dompu , Bupati Dompu dalam sambutan , meningkatkan tata kelola pemerintahan , yang baik, dan bersih.

Meningkatkan pelayanan pablik yang transparan, akuntabilitas, partisipatif, dan berkeadilan . Selain itu, meningkatkan infrastuktur pembangunan yang mantap  , tata kelola nilai kehidupan masyarakat yang religius, berbudaya , prestasi , yang memiliki karakter kearifan local.

    Bupati Dompu dalam rapat RPJMD mengungkapkan Keputusan ini diambil sesuai dengan arahan pemerintah pusat tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat,” papar Bupati.


Meski demikian, Bupati berharap, kegiatan RPJMD secara virtual ini tidak mengurangi arti penting, substansi, kualitas proses dan hasil pelaksanaan Musrenbang ini.



Pada kesempatan itu, Bupati kembali mengingatkan seluruh elemen masyarakatnya agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dengan menerapkan 5M.


“Kami mengajak semua masyarakat agar mendukung upaya pemerintah menciptakan herd immunity (kekebalan populasi) melalui gerakan percepatan vaksin Covid-19 sampai 80 persen,” imbuh Bupati.


Sebelum Bupati menyampaikan sambutan, terlebih dulu disampaikan laporan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu Muhammad Syahroni. Dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Kepala Bappeda dan Litbang Provinsi NTB Dr. Iswandi, antara lain peningkatan potensi wisata dan ketahanan pangan karena Kabupaten Dompu memiliki potensi ketahanan pangan terutama jagung dan padi ,"  katanya. 

(Zun)

Post a Comment

0 Comments