-->

Author Details

Di Polsek Manggelewa , Mediasi Kedua Kelompok Pemuda yang Terjaring Adu Jotos .

Sunday, August 8, 2021, August 08, 2021 WIB Last Updated 2021-08-09T01:21:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 .


Dompu , radarmerahputih.com -,Pada hari Minggu tanggal 08 Agustus 2021 sekira jam 16.30 wita bertempat di Mapolsek Manggelewa  

 Mediasi   kedua belah pihak antara Pemuda Desa Nangatumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu dengan Petani bawang merah Kecamatan Belo Kab Bima yg bertikai pada hari Sabtu tanggal 07 Agustus 2021 sekira jam 22.30 wita di Pantai " Puju Wawi " Desa Nangatumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu. 


Mediasi tersebut dilakukan oleh Kapolsek Manggelewa IPTU ABDUL MALIK, SH bekerjasama dgn Pemerintah Desa Nangatumpu dan Pemerintah Desa Soki,  dalam konteks  pertemuan guna mengantisipasi kejadian yang pernah  terjadi sebelumnya tepatnya pada hari Sabtu tanggal 07 Agustus 2021 sekira jam 22.00 wita kedua pemuda dari Desa berbeda tersebut berkelahi dan saling serang di pantai  "Puju Wawi " Desa Nangatumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu. Kini terjadi pertikaian  kedua kelompok pemuda Desa dari Soki, Belo Bima tersebut terjadi karena pemuda Desa Nangatumpu merasa tersinggung dengan kata kata cemohan, bahasa yg dikatakan oleh Pemuda Desa Soki sehingga terjadilah perkelahian serta pengrusakan terhadap 3 unit sepeda motor. 


Kronologis kejadian  dalam waktu sepekan kedua belah pihak terjadi  perkelahian sehingga , terdapat luka - luka dan kerusakan barang berharga yakni  sepeda motor milik pemuda Desa Soki Kecamatan Belo  Kabupaten Bima. Dan saat itu Kapolsek Manggelewa beserta Personil Polsek Manggelewa langsung turun ke TKP untuk mengamankan Barang bukti serta mendatangi korban yang terluka serta berpesan untuk tidak mengambil langkah - langkah yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. 



    Menyikapi  kejadian berlanjut, Kapolsek Manggelewa IPTU ABDUL MALIK, SH bersama Kanit Reskrim Polsek Manggelewa AIPTU SYAHRIR, S. Sos untuk berkoordinasi dgn Pemerintah Desa Nangatumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu dan Pemerintah Desa Soki Kecamatan Belo Selatan Kabupaten Bima untuk segera mengadakan pertemuan untuk mengantisipasi kejadian susulan. Tepatnya Pada hari Minggu tanggal 08 Agustus 2021 sekira jam 16.30 wita baik dari Pemerintah Desa Nangatumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu yaitu Kepala Desa Nangatumpu Abdul Azis, S. Sos beserta Sekdes Desa Nangatumpu sdr TAUFIK dan Tokoh Masyarakat Desa Nangatumpu kemudian dari Pemerintah Desa Soki yaitu Sekdes Desa Soki sdr MUSTAMIN dan Tokoh Masyarakat kedua Kelompok pemuda yg bertikai bertemu atau berkumpul di Mapolsek Manggelewa yg di fasilitasi oleh Kapolsek Manggelewa maupun Kanit Reskrim Polsek Manggelewa. 


Dalam pertemuan tersebut diperoleh kesepakatan bahwa kedua pemuda yg bertikai saling meminta maaf dan tidak akan mengulangi perbuatannya serta menjaga kehidupan yg damai dan harmonis, dengan pemuda baik pemuda dari Desa Nangatumpu maupun Desa Soki Kecamatan Belo Selatan Kabupaten Bima .


Pada kesempatan yang sama Kapolsek Manggelewa IPTU ABDUL MALIK, SH menyampaikan bahwa " upaya yang  dilakukan melalui kerjasama yang baik , antara  dua Desa yaitu Pemerintah Desa Nangatumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu dengan Pemerintah Desa Soki Kecamatan Belo Selatan Kabupaten Bima, hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi kejadian susulan.     Alhamdullilah, atas kerjasma yg baik antara dua Desa yg berbeda dari sebuah permasalahan,  maka kedua pemuda,  dapat diselesaikan secara kekeluargaan, ungkap Kapolsek kepada awak media.   


Ditempat terpisah Kepala Desa Nangatumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu dan Sekdes Desa Soki Kecamatan Belo Selatan Kabupaten Bima maupun Tokoh Masyarakat kedua Desa tersebut menyampaikan " Ucapan terimakasih kepada Kapolsek Manggelewa IPTU ABDUL MALIK, SH beserta jajarannya yang telah  mengantisipasi kejadian perkelahian dua pemuda tersebut dan menfasilitasi kedua belah pihak dalam rangka menjaga konflik 

 susulan  berkepanjangan katanya.

 Maka,  Polsek Manggelewa pemegang kendali di wilayah hukum Manggelewa tetap konsisten menjaga  keamanan dan ketertiban yang  kondusif baik di Desa Nangatumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu maupun Kecamatan Belo Bima  umumnya ".

(Zun).

Komentar

Tampilkan

Terkini