-->

Author Details

Lomba Kompetisi Sains Madarasah Kabupaten Nganjuk , Ajang Mencari BiBit Siswa Terbaik Nganjuk .

Saturday, August 21, 2021, August 21, 2021 WIB Last Updated 2021-08-22T03:09:03Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


( Masduki / kepala MtsN 2 Nganjuk ) 

Nganjuk , radarmerahputih.,com -Kompetisi Sains 2021 Tingkat SMP/MTS Kabupaten Nganjuk. Bertempat di MTs N 2 Nganjuk , Minggu tanggal 22  Agustus 2021 .


Kompetisi Sains 2021 Tingkat SMP/MTS adalah kompetisi sains terbesar sebagai ajang pencarian bakat dan potensi siswa-siswi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS) berprestasi di bidang sains dari seluruh  Kabupaten Nganjuk baik MTs N maupun Non Negeri ,  yang diselenggarakan oleh Kemenag pusat,  dengan total hadiah  Piagam dan Piala  , Serifikat  Lomba Sains 


( Suasana diruang lomba ) 

Ketua kegiatan  Ibu Eko Kus Hariyanti melalui  Masduki Kepala MTSN 2 ( tuan rumah ) menyampaikan bahwa," dalam lomba Kompetisi Sains  Madrasah.se kab Nganjuk ini nantinya yang mendapat juara akan mendapat rewourd , dan persiapan ke tingkat Propinsi nantinya ada pembinaan , " ujar Masduki kepada media ini .


Bicara tentang jadwal Lomba Sains , untuk tingkat MTS ( Madarasah ) hari Minggu tanggal 22  Agustus 2021 , dimulai sejak pukul 08.00.Wib hingga selesai , ada tiga mata pelajaran ( Matematika , IPA dan IPS ) , masing masing mata pelajaran dengan waktu yang ditentukan 120 Menit .


( Masduki besama Sugiyono kepala MTsN  1 Nganjuk ) 

Peserta yang mangikuti Lomba Sains hari ini  sebanyak 9 lembaga sekolah  Madarasah  Negeri dan Non Negeri , ada 27 peserta ,  masing masing lembaga mengirim 3 peserta .

Masih lanjut Masduki , " Salah satu kegiatan yang menjadi fokus Direktorat KSKK Madarsah adalah Kompetisi Sains Madrasah atau KSM. KSM ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai wahana membangun ghirah kompetisi Sains di kalangan siswa madrasah. KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi bagi siswa Madrasah, dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam." Ujarnya 

( Suasana dluar ruang lomba ) 


" Pada tahun 2021 ini KSM dilaksanakan bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi”, tegas Masduki .


" Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, KSM tahun 2021 tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema daring (online) untuk tingkat Kabupaten/Kota dan tingkat Provinsi. Sedangkan untuk KSM tingkat nasional dilaksanakan luring (offline) di tiap-tiap Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi atau tempat yang ditunjuk oleh Kanwil Provinsi. Di samping itu, KSM tahun 2021, soal menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab. Hal ini merupakan sebuah bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akan Go International ." 


( Para pembimbing menunggu diluar ruangan ) 

“Melihat kondisi saat ini yang masih tidak menentu, di mana pandemi Covid-19 semakin mewabah, aktifitas berkompetisi dan berprestasi melalui ajang KSM ini tetap dilaksanakan dengan tetap mentaati protokol kesehatan. 


Oleh sebab itu, KSM tahun 2021 dilaksanakan dengan skema daring untuk tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. Kemudian untuk KSM Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring di setiap kanwil atau tempat yang ditunjuk oleh kanwil. Dan, KSM tahun ini, di samping menggunakan bahasa Bahasa Indonesia juga menggunakan asing”, terang Masduki .


( Saat lomba berjalan ) 

Adapun bidang yang dilombakan untuk jenjang MI/SD adalah Matematika Terintegrasi dan IPA terintegrasi. Untuk jenjang MTs/SMP adalah Matematika Terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi, dan untuk jenjang MA/SMA adalah Matematika terintegrasi, Bilogi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Ekonomi terintegrasi, dan Geografi terintegritas . 

( Red /tim ) 


Komentar

Tampilkan

Terkini