Ribuan Santri dan Pengurus Ponpes di Jombang ikuti Vaksinasi Serentak Yang dipantau Presiden Joko Widodo

 


JOMBANG, radarmerahputih.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur dalam rangka peninjauan pelaksanaan Vaksinasi Merdeka bersama rumah ibadah dan pondok pesantren (ponpes) secara serentak di seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai dengan Papua.


Acara puncak kegiatan ini berlangsung di Pondok Pesantren K.H. Syamsudin, Ponorogo, Jatim yang tersambung langsung pada 341 titik ponpes dan rumah ibadah di seluruh Indonesia dengan total sasaran 346.688 orang.



Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyapa langsung secara virtual pelaksanaan vaksinasi merdeka di Ponpes Gontor Jawa Timur, Gereja Katedral Gereja Paroki Katedral St. Maria Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Vihara Giri Ratana Puja, Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB). Vaksinasi Merdeka ini merupakan strategi yang dilakukan TNI-Polri terkait dengan akselerasi atau percepatan terciptanya kekebalan komunal.


Selain vaksinasi, dalam kegiatan ini juga disalurkan bantuan sosial (bansos) dari Presiden Jokowi sejumlah 60.341 paket sembako dan 88 ton beras kepada warga yang paling terdampak perekonomiannya akibat Pandemi Covid-19.



Pelaksanaan program vaksinasi di rumah ibadah bertujuan untuk revitalisasi rumah ibadah sebagai fungsi sosial. Rumah ibadah pada hakekatnya memiliki fungsi membimbing perilaku jamaahnya dalam tatanan kehidupan sosial termasuk dalam pengendalian Covid-19.


Saya juga selalu mengingatkan, tingginya tingkat capaian vaksinasi merupakan modal dasar dalam hidup berdampingan dengan Covid-19, yaitu bagaimana perekonomian dapat tumbuh. Namun Covid-19 tidak kembali melonjak.


Sementara itu, di GOR Hasbullah Said Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang juga digelar Vaksinasi covid-19 dan disiapkan sebanyak 1.500 dosis vaksin jenis sinovac untuk para santri dan pengurus.


Proses vaksinasi dengan secara serentak di pesantren dan rumah ibadah dipantau langsung oleh Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho bersama Forkopimda Jombang.



"Hari ini kita melaksanakan kegiatan bersama Pemerintah daerah dan pak Dandim untuk percepatan vaksinasi nasional, dengan sasaran pondok pesantren dan rumah ibadah," jelas Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho kepada Wartawan di lokasi vaksinasi, Selasa (07/09/2021).


Dijelaskan Kapolres, vaksinasi di kalangan pesantren dan rumah ibadah ini merupakan instruksi Presiden untuk mengejar target nasional yang ditentukan. Sedikitnya 1.500 dosis vaksin sinovac disiapkan Polres Jombang untuk kalangan santri dan pengurus ponpes.



"Jumlah peserta vaksinasi untuk pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas digabungkan dengan rangkaian kegiatan yang lalu, totalnya sudah mencapai 1.500 sasaran," pungkasnya.


( Humas ,/ red ) .

Post a Comment

0 Comments