-->

Author Details

Kang Marhaen Saksikan Peresmian Bendungan Bendo Secara Daring .

Friday, September 10, 2021, September 10, 2021 WIB Last Updated 2021-09-10T11:24:16Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Diresmikan Langsung Presiden Joko Widodo dari Ponorogo


Nganjuk,radarmerahputih.com -Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA mengikuti kunjungan kerja Presiden Joko Widodo secara virtual, Selasa (07/09/2021). Presiden hadir di Kota Reog dalam rangka peresmian Bendungan Bendo.


Dalam sambutannya, kepala negara mengucap syukur atas rampungnya bendungan yang berlokasi di Dusun Bendo, Kecamatan Sawo, Kabupaten Ponorogo tersebut.


“Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, alhamdulillah, pada siang hari ini Bendungan Bendo sudah selesai. Sudah rampung, dan siap difungsikan,” ujar Presiden Joko Widodo.


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, Bendungan Bendo tersebut adalah multifungsi. Dan dibangun dengan biaya sebesar Rp 1,1 triliun.


Memiliki kapasitas air 43 juta meter kubik. Dengan tinggi 74 meter, serta luas genangan mencapai 170 hektar.


“Ini akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan juga untuk pasokan air baku 370 liter per detik. Serta bisa mengurangi banjir atau mereduksi banjir 31 persen. Atau sebesar 117,4 meter kubik per detik,” lanjutnya.


Pada kesempatan itu, presiden juga menyampaikan bahwa tahun 2021 ini, pemerintah telah dan akan diselesaikan sebanyak 17 bendungan di sejumlah wilayah di tanah air. Jumlah tersebut menambah daftar bendungan yang telah diresmikan sebelumnya oleh Presiden RI.


Sebelumnya, pada bulan Februari telah diresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur; Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan; serta Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Selanjutnya pada bulan Maret telah diresmikan Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang, Banten.


“Kelima Bendungan Kuningan di Jawa Barat yang baru saja kita resmikan di 31 Agustus dan Bendungan Way Sekampung di Lampung yang awal September kemarin juga sudah resmikan. Sekarang Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya.


Sebagai informasi, acara peresmian Bendungan Bendo juga turut diikuti kepala daerah lain di Jawa Timur secara virtual. Penyelenggaranya adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kang Marhaen Menyaksikan Peresmian Bendungan Bendo Secara Daring .


Kang Marhaen sendiri mengikuti acara tersebut dari ruang kerjanya. Atas peresmian itu, Kang Marhaen turut mengucapkan selamat. “Semoga Bendungan Bendo membawa manfaat bagi masyarakat Ponorogo,” papar Kang Marhaen.

Sepuluh bendungan yang akan diselesaikan dan diresmikan di tahun 2021 ini:

1. Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (September);

2. Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Oktober);

3. Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi (Oktober);

4. Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (Oktober);

5. Bendungan Ciawi di Kabupaten Ciawi, Jawa Barat (November);

6. Bendungan Sukamahi di Kabupaten Ciawi, Jawa Barat (November);

7. Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Desember);

8. Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Desember);

9. Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Desember); dan

10. Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Lampung (Desember).

( Adv / siwi ) .


Komentar

Tampilkan

Terkini