-->

Author Details

*Bupati Dompu dan DPRD pentingnya Upacara HUT sumpah pemuda_ Radar merah putih* Ini judulnya !

Thursday, October 28, 2021, October 28, 2021 WIB Last Updated 2021-10-28T07:27:57Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Dompu ,radarmerahputih.com - Merangkai kembali peristiwa bersejarah di 93 (sembilan puluh tiga) tahun silam yaitu bersatunya elemen pemuda Indonesia mengikrarkan persatuan Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan, yang kemudian dikenal dengan peristiwa Sumpah Pemuda, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun 2021 tingkat Kabupaten Dompu.


Peringatan Hari Sumpah Pemuda dimaksud, berlangsung Kamis (28/10/21) pukul 08.00 Wita - Selesai di Aula Pendopo Bupati Dompu.


Hadir dalam kegiatan ini Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 1614/Dompu, Kejari, Sekda Dompu, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Lingkup Setda, Ketua Pengurus Organisasi Wanita dan elemen Pemuda Se-Kabupaten Dompu.


Dimomen Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, Bupati Kader Jaelani, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. Zainuddin Amali, M.Si.


Merilis apa yang disampaikan Menpora Amali, Bupati AKJ menyampaikan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun ini mengambil tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh". Lanjutnya tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan persatuan, ulang Bupati AKJ membacakan amanat tertulis Menpora Zainuddin Amali.


Kembali Bupati AKJ menekankan sebagaimana yang disampaikan Menpora, bahwa tema Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen Bangsa, tetapi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 


Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspirasi serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik, terang Bupati AKJ, sebagaimana yang disampaikan Menpora dalam amanat tertulisnya. 


Berikutnya menegaskan kembali apa yang disampaikan Menpora Zainuddin Amali, Bupati AKJ mengucapkan, momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan kita, sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan.


Kata Bupati AKJ, melansir penyampaian Menpora, persatuan bangsa Indonesia sejak 93 tahun yang lalu ialah bukti bersatunya pemuda Indonesia, tanpa persatuan pemuda, bangsa Indonesia tidak kita nikmati hari ini, dengan keterbatasan media komunikasi, terbatasnya transportasi dan media koneksi lainnya tidak mengurangi semangat pemuda dari Maluku sampai Aceh berjumpa merumuskan komitmen kebangsaan menuju kedaulatan. Tanah air satu, bahasa satu, bangsa satu, Indonesia, tegasnya.


Ditambahkan Bupati AKJ dengan melansir kembali penyampaian Menpora, persatuan pemuda dimasa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia hari ini dan tetap eksisnya bangsa Indonesia di masa yang akan datang, berbagai fasilitas mempersatukan pemuda yang ada di sekeliling kita semua, ada media komunikasi yang tanpa batas, koneksi transportasi dari Sabang sampai Merauke dan fasilitas lain yang mengindikasikan hilangnya sekat-sekat jarak antar anak bangsa, seringkali media digital dijadikan fasilitas tersebut seringkali menjadi fasilitas destruktif perpecahan anak bangsa, seringkali media digital dijadikan fasilitas berkonflik, menebar kebencian, dan memupuk keretakan. Lanjutnya persatuan menjadi syarat mutlak sebuah loncatan perubahan dan menghadapi berbagai tantangan ke depan, tantangan bagi Bangsa Indonesia khususnya bagi para pemuda tentunya tidak semakin ringan, akan tetapi dengan komitmen bersatu dalam keragaman menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa ke depan. 


       Bupati AKJ pada kesempatan itu membaca sebuah  amanat tertulis Menpora Zainuddin Amali, bahwa penanganan covid-19 menunjukan hasil menggembirakan, pencapaian ini tentunya bukan saja kerja pemerintah sendiri, akan tetapi partisipasi seluruh lapisan masyarakat terutama peran para relawan, ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan juga kerja keras Dokter dan  para tenaga medis. Pencapaian ini menjadi momentum sejarah  tumbuhnya perekonomian khususnya ekonomi yang mendorong kemandirian pemuda dalam membangun bangsa dan mensejahterakan bangsa Indonesia secara keseluruhan terutama memulihkan kondisi ekonomi para pemuda sebagai segmen yang paling terdampak oleh situasi covid-19, jelas Bupati AKJ.


Diakhir sambutan, Bupati AKJ menegaskan kembali penyampaian Menpora, bahwa berbagai upaya yang telah dilakukan tidak akan terdampak maksimal tanpa adanya dukungan dari semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para pemuda Indonesia yang  turut serta membangun bangsa ini secara bersama-sama.


Pelaksanaan kegiatan upacara perayaan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun 2021 tingkat Kabupaten Dompu berjalan khidmat, tertib, aman dan lancar dengan mematuhi prokes dan diakhiri dengan penyerahan penghargaan "KNPI Award" yang diserahkan kepada Inspektur Inspektorat Kabupaten Dompu, Drs. H. Muhibuddin, M.Si, Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, SH.MH, Ketua KPU, Drs. Arifuddin, ketua PKK  Lilis Suryani Kader Jaelani, Tokoh Muda Fenomena yang juga Ketua KONI Dompu, Putra Taufan, SH.MH, dan Tokoh Pemuda Inspirator, Edi Setiawan, S.Pd.

(Zun ) .

Komentar

Tampilkan

Terkini