-->

Author Details

Mubes Lamdo Dompu Dibuka Asisten I

Saturday, October 9, 2021, October 09, 2021 WIB Last Updated 2021-10-09T11:25:43Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



 Dompu , radarmerahputih.com - Pembukaan Musyawarah Besar ( Mubes ) Lamdo IV tahun 2021 berlangsung di Gedung Serba Guna Sori Utu Manggelewa Kabupaten Dompu, 9/10/2021.


Hadir dalam giat dimaksud antara lain : Asisten I Setda Dompu, H. Burhan, SH, Ketua DPRD Dompu, Andi Bakhtiar, A. Md. Par,  Waka Polres Dompu, Kompol. Abdi Mauludin, Danramil Manggelewa, Lettu, Maturidi, Camat Manggelewa, Drs. Ismail, Kapolsek Manggelewa, Iptu. Abdul Malik, SH,  Ketua Lasdo Kabupaten Bima, Arifin J.Anat, SH, AKBP. H. Sirajudin H. Idrus, Anggota DPRD Kabupaten Bima ( Fraksi Gerindra, Supardin H. Anwar, dan sejumlah Pengurus Lamdo Dompu dan ratusan undangan lainnya.


Ketua Panitia Mubes, Sarwon Al Khan, S. Sos. dalam laporan  mengucapkan terima kasih pada undangan yang telah menghadiri undang kami. Selain dari itu dalam laporan memaparkan bahwa terselenggaranya acara ini tidak terlepas dari partisipasi dari semua pihak terutama bagian pendanaan karena menurut Ketua Panitia kerja keras mereka sudah mampu mengumpulkan dana walaupun masih sangat minim.


Syukur Alhamdulillah, acara Mubes bisa terlaksana dengan baik dan lancar," ucap Sarwon.


Ketua Panitia mengakhiri laporannya dengan sebuah semboyan Komunitas Donggo ( Maka Donggo ) "Maka Donggo (Semboyan Komunitas Donggo)

"LAMDO ede ra ndai sura dou labo dana

Ake nahu sahe rangga romba makisi wanga

Lu'u 'di moti na lao 'dimba'i

Lu'u 'di wu'ba na lao 'disinga 

Lu'u 'di rasa na wa'a kau ma la'bo kanta 

Paina wara dari na dunia nahu ma lemba 'bae sa'bua."


Ketua Lamdo Dompu Periode sebelumnya diwakili oleh Drs. Abdul Hamid ( Silado ) menuturkan bahwa potensi Masyarakat Donggo Dompu memang tidak diragukan jumlah penduduknya karena warga Donggo Dompu mencapai lebih kurang 50 ribu penduduk yang tersebar di seluruh wilayah hukum Dompu.


Kemudian dia mengatakan "Lamdo" Dompu ke depan harus mampu membawa Lembaga ini ke arah yang lebih baik. Dan merubah semua cara mengelola organisasi," tutur Silado ( sapaan akrab, Abdul Hamid ).


Asisten I Setda Dompu, H. Burhan, SH. dalam sambutan mengatakan bahwa sebenarnya Bupati atau Wabup yang hadir pada acara ini, namun Kedua Tampuk Pimpinan daerah sedang berada diluar daerah, maka dari itu lewat momen ini mohon maaf.


" Salam hormat Bupati dan Wabup karena sedang berada di luar daerah sehingga tidak bisa hadir dalam acara Mubes Lamdo ini, beliau titip "Salam" pada warga Lamdo," ucap Asisten I.


H. Burhan memperkenalkan Lima tokoh Donggo mulai dari H. Kako, KH. Abdul Majid Bakry, H. M. Ali, H. Abas Oya, BA, Jamaluddin H. Yasin. Dan menjelas sekilas sepak terjang dari Lima tokoh tersebut di atas.


Oleh karena itu, kenapa harus saya katakan demikian karena masyarakat Donggo Dompu mampu mewarisi perjuangan mereka.


Jadi pengurus hanya buat amal saja, tidak mengharapkan gaji, maka pengurus Lamdo ke depan harus dapat memberikan kontribusi bagi lembaga dan daerah Dompu.


Menjelaskan Adat,maka ada empat hukum adat yang tidak masuk dalam hukum negara. AD/ART harus jelas, dan banyak dilakukan dalam tindakan prefentif.


Bupati Dompu melalui Assisten I, H. Burhan, SH dalam sambutan tertulis "mengapresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Mubes Lamdo Dompu menjadi media yang  mampu mengangkat dan memilih sosok yang dianggap mampu  membawa kemaslahatan kemajuan segenap anggota dan warga." Ungkap Bupati dikutip Asisten I.


Lebih lanjut Asisten I menyebutkan melalui Mubes ini berharap kepada pengurus terpilih selain Membawa keluarga besar Lamdo lebih baik juga menjadi sosok yang mampu membangun sinergitas kerjasama dengan pemerintah dengan program kegiatan pembangunan." Harap H. Burhan.


Usai memberikan sambutan, Asisten I membuka secara resmi Mubes Lamdo periode 2021-2026. .

( Zun ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini