Pemkab Dompu , Gelar Rapat Teknis Penyediaan air Bersih




Dompu , radarmerahputih . Com - Menjamin ketersedian air bersih bagi warga masyarakat Kabupaten Dompu, khususnya warga masyarakat di Kecamatan Dompu dan Kecamatan Woja, Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.MT, melakukan rapat teknis terkait penyediaan air bersih.


Rapat teknis berlangsung, Selasa (26/10/21) pukul 11.30 Wita - Selesai di Ruang Rapat Wabup dipandu oleh Plt. Asisten Dua Setda, Ir. Syamsuddin dihadiri oleh Kadis PUPR, Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kabid Fisik Bappeda dan Litbang, Kabag Ekonomi Setda, Camat Dompu, Direktur PDAM, Kades O'O, Kades Karamabura, Kades Serakapi, Gabungan Petani Pengguna dan Penfaat Air (GP3A), para Punggawa Desa OO, Desa Karamabura dan Desa Serakapi. 


Dalam arahannya dirakor ini, Wabup H. Syahrul Parsan menyampaikan bahwa debit air saat ini sangat berkurang, satu sisi untuk kebutuhan air bersih bagi masyarakat dan kemudian pada sisi yang lain air dibutuhkan untuk kebutuhan irigasi pertanian bagi para petani.


Kata Wabup, mengingat debit air yang sangat kurang, untuk memenuhi kebutuhan air minum dan irigasi pertanian bagi para petani, penggunaan air dimaksud harus dapat diatur secara bergilir. Lanjutnya untuk pemanfaatan tersebut harus ada kesepakatan dari semua pihak, sehingga penggunaanya bisa terjadwal dengan baik. Para Punggawa, GP3A, dan para petani harus menyepakati pengaturan ini, papar Wabup.


Dimomen ini, Wabup juga menyampaikan, guna menjamin ketersediaan air irigasi pertanian secara cukup dan juga untuk mencegah terjadinya hama yang mengganggu produksi petani, para petani, punggawa dan GP3A, berharap agar dapat mengatur pola tanam, misalnya padi, padi, lalu kemudian palawija, Pengaturan pola tanam ini memberikan banyak keuntungan bagi para petani, tandas Wabup.


Berikutnya untuk menjamin ketersediaan air, Wabup menghimbau seluruh lapisan warga masyarakat untuk menjamin ketersediaan air sepanjang tahun, agar secara bersama ikut ambil bagian dalam menjaga hutan yang ada. Mari secara bersama untuk ambil bagian dalam menjaga keselamatan dan kelestarian hutan, himbau Wabup kepada seluruh lapisan warga masyarakat Dompu.


Rakor teknis berlangsung aman, tertib, dan lancar dengan kesepakatan bersama untuk mengatur sebaik-baiknya penggunaan air oleh para petani dan PDAM guna terpenuhinya kebutuhan air baik oleh para petani maupun bagi warga masyarakat yang kemudian akan diatur secara teknis oleh Dinas PUPR, GP3A dan Punggawa yang juga dalam kesempatan ini GP3A, Punggawa dan para petani yang hadir dirakor ini bersedia untuk ikut ambil dalam menjaga dan melindungi hutan.

( Zun ) .

Post a Comment

0 Comments