-->

Author Details

Peningkatan Kualitas Pelayanan di Samsat Kabupaten Kediri Terus Dioptimalkan, Demi Kepuasan Wajib Pajak

Tuesday, October 19, 2021, October 19, 2021 WIB Last Updated 2021-10-19T10:02:42Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 




Kediri ,radarmerahputih.com - Salah satu penerimaan pajak yang mempengaruhi tingginya pendapatan daerah yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Oleh karena itu, perlu adanya optimalisasi dari penerimaan PKB melalui berbagai upaya yang mampu meningkatkan jumlah pendapatan dari sektor ini. 


Antara lain dengan cara meningkatkan kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor melalui pemberian kualitas pelayanan yang optimal. "Peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan berdampak pada peningkatan kepuasan wajib pajak. Sehingga diharapkan adanya kepatuhan dan kesadaran wajib pajak dalam membayar atau melunasi kewajiban perpajakan kendaraan bermotornya", ungkap Kasatlantas Polres Kediri AKP Bobby Mochammad Zulfikar, S.H., S.I.K. 


Sementara itu Kanit Regident Iptu Bagus Tejo Purnomo, S.H., S.KM menyampaikan, Cek Fisik merupakan salah satu persyaratan teknis kelengkapan kendaraan bermotor yang menunjukan identitas registrasi kendaraan bermotor itu sendiri. Maka personil Satuan Lalu Lintas Polres Kediri  yang bertugas pada samsat Katang dan Pare melakukan pelayanan Cek Fisik ranmor bagi wajib pajak yang melaksanakan transaksi BBN II ( Rubentina, Perpanjangan STNK 5 Tahun, dan Duplikat ). 


Iptu Bagus menambahkan, Hal ini merupakan salah satu bentuk tugas dan Pelayanan Prima kami sebagai anggota Satlantas Polres Kediri kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan Cek Fisik terhadap wajib pajak. Untuk membayar pajak lima tahunan tidak bisa dilakukan secara daring atau di gerai Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Tetapi, pajak lima tahunan hanya bisa dilakukan di kantor Samsat induk dan kendaraan juga harus dibawa untuk dilakukan cek fisik.


"Dengan adanya pelayanan Cek Fisik kita dapat meminimalisir peredaran Kendaraan Bodong di kalangan masyarakat," imbuhnya Selasa (19/10/2021).


Rini salah satu wajib pajak yang melaksanakan transaksi BBN II (Balik Nama) STNK mengatakan, dengan adanya pelayanan Cek fisik saya jadi tau bahwa Kendaraan yang saya beli dari pemilik pertama adalah kendaraan yang ter-registrasi pada Samsat. "Saya merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Bapak Polisi Lalulintas pada pelayanan Cek fisik di samsat tidak dipungut biaya, humanis dan familiar", ucapnya saat diwawancarai awak media.


(Wulan)

Komentar

Tampilkan

Terkini