-->

Author Details

Artikel Opini ( Pentingnya Sistem Informasi Akuntansi bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) ).

Tuesday, November 16, 2021, November 16, 2021 WIB Last Updated 2021-11-17T05:23:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


  (  Oleh :  Monica Savira D.  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang. ) 


Malang , Radarmerahputih.com + UKM adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil. 


Masalah yang sering muncul pada usaha dagang berskala kecil menengah (UKM) yaitu pada sistem transaksi, pencatatan keuangan dan pembuatan laporan transaksi maupun laporan keuangan yang masih dilakukan secara manual yaitu dengan hanya menulis dikertas untuk persiapan data usahanya. Karena masih ada beberapa usaha kecil dan menengah yang beranggapan bahwa pengelolaan keuangan merupakan hal yang mudah dan sederhana, terkadang mereka berfikir yang terpenting adalah mendapatkan laba yang sangat besar. 


Ternyata pengelolaan keuangan pada UKM membutuhkan keterampilan akuntansi yang baik bagi pemilik bisnis UKM. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem aplikasi yang dapat membantu mengolah data transaksi dan juga laporannya. 


Sistem yang diperlukan yaitu Sistem Informasi Akuntansi.

Sistem yang diperlukan yaitu sistem informasi akuntansi. Pada aplikasi sistem informasi akuntansi ini memberikan informasi laporan keuangan usaha berupa buku besar, neraca saldo, laba rugi, perubahan modal dan neraca keuangan. Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan , menyimpan dan mengolah data keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh pengambil keputusan. 


Dengan adanya pencatatan-pencatan yang tersusun akan memudahkan para pemilik usaha dalam pengambilan keputusan dan memiliki data yang dapat dijadikan informasi setiap adanya pendapatan dan penjualan di setiap transaksi. Dalam UKM saat ini menurut saya masih ada beberapa para UKM mengabaikan pencatatan transaksi secara rinci dan tepat, masih ada beberapa para pemilik umkm hanya mencatat transaksi pendapatan dan pengeluarannya saja, tidak semua pengeluaran dicatat, sehingga mereka tidak memiliki informasi yang lengkap. 


Sistem informasi akuntansi tidak hanya menyediakan sistem pencatatan, tetapi juga merupakan sistem yang digunakan untuk mengolah informasi keuangan sehingga menghasilkan data yang rinci dan tepat, serta dapat dianalisis lebih lanjut untuk pengembangan usaha ke depannya. 


Walaupun jenis usahanya kecil menengah, tetapi dengan standar dan prosedur yang jelas, akan terbentuk alat ukur yang berguna untuk memantau kinerja usaha yang sedang dilakukan. Jika tanpa adanya alat ukur yang jelas, perusahaan tidak akan dengan cepat menilai perkembangan ataupun kemunduran dari perusahaan tersebut.


Contoh sistem informasi akuntansi yang dapat digunakan pada bisnis diantaranya adalah dengan menggunakan komputer atau yang biasa disebut dengan sistem informasi akuntansi berbasis komputer. Ada beberapa contoh aplikasi sistem akuntansi yaitu Accurate Accounting, MYOB Accounting. 

( Red ) .

Komentar

Tampilkan

Terkini