-->

Author Details

Kabag Prokopim Setda Dompu Pimpin Rapat OPD Membahas Tentang Dampak dan Korban Banjir di Musim Hujan .

Thursday, November 11, 2021, November 11, 2021 WIB Last Updated 2021-11-12T03:00:01Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Dompu , radarmerahputih.com - Memasuki musim penghujan tahun ini diawali dengan meluapnya Sungai Laju dan Sungai Silo sebagai akibat turunnya hujan lebat selama lebih kurang dua jam pada Kamis (11/11/21) sekitar pukul 16.30 Wita  sehingga berdampak terendamnya sejumlah rumah penduduk dibeberapa titik.


Keterangan dari Kabag Prokopim Setda Dompu, Ardiansyah, SE lokasi yang terendam atau terdampak banjir tersebut adalah di Kecamatan Dompu terdiri dari Lingkungan Kotabaru Kelurahan Bada, Lingkungan Ujung Pandang Kelurahan Balisatu, Lingkungan Mantro Kelurahan Bada, Lingkungan Kampo Samporo Bali Timur, Lingkungan Sigi Kelurahan Karijawa, di Kecamatan Woja terdiri dari Desa Wawonduru,  Kelurahan Kandai Dua. 


Berikutnya Ardiansyah yang juga bertindak sebagai Juru Bicara Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu ini menjelaskan bahwa penyebab banjir yang terjadi sebagai akibat turunnya hujan deras yang berlangsung selama kurang lebih dua jam di Wilayah Kabupaten Dompu dan juga semakin menumpuknya sedimentasi yang terbawa oleh arus air hujan ikut membuat sungai menjadi dangkal sehingga membuat debit air sungai menjadi tinggi dan meluap hingga ke pemukiman penduduk.


Upaya apa yang telah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten untuk meringankan beban warga terdampak banjir. Berkaitan dengan hal ini, berdasarkan petunjuk Bupati Kader Jaelani, Ardiansyah memberi penjelasan, Pemda Kabupaten Dompu telah memerintahkan Pimpinan OPD yang dikoordinasikan oleh BPBD Kabupaten Dompu untuk menghimpun bantuan yang dibutuhkan warga terdampak banjir sebagai upaya tanggap darurat dan juga berkoordinasi dengan stakeholder lainnya. Lanjut pria yang kerap disapa Simpe Dian ini, sejumlah Pimpinan OPD telah mulai bergerak ke lokasi terdampak banjir untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan warga seperti nasi bungkus dan makanan siap saji lainnya.


Dimomen ini juga Ardiansyah mengajak elemen penting lainnya untuk juga bisa mengambil bagian memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir sesuai kemampuannya masing-masing. Para korban terdampak banjir adalah saudara-saudara dan keluarga kita semua, mari ikut ambil bagian meringankan beban mereka dengan memberikan bantuan sesuai kemampuan masing-masing guna meringankan beban mereka, ajak Ardiansyah.


Selanjutnya kepada Pimpinan OPD, warga masyarakat, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan bantuan sehingga beban korban terdampak banjir berkurang, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya seraya menyampaikan harapan semoga amal baik semua pihak yang turut serta dalam meringankan beban korban terdampak banjir, mudah-mudahan dibalas dengan kebaikan yang jauh lebih baik lagi.


Berikutnya Kabag Prokopim yang masih muda belia ini, mengungkapkan untuk memberikan kenyamanan kepada para korban terdampak banjir sehingga bisa melakukan fungsi sosialnya secara normal kembali, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan hadir untuk memberikan bantuan dan pertolongan dalam hal tanggap darurat kepada para korban terdampak banjir. Pemerintah akan akan senantiasa hadir untuk meringankan beban korban terdampak banjir, tandasnya.


Mengakhiri penyampaiannya, Ardiansyah menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat terutama yang bermukim di sepanjang bantaran sungai atau daerah rawan bencana untuk senantiasa waspada. Kata Ardiansyah, saat ini daerah kita sedang memasuki awal musim hujan, kemungkinan terjadinya banjir, angin kencang, atau juga tanah longsor akan terus mengintai, oleh karena itu diminta kepada warga masyarakat disamping harus waspada juga dapat membaca keadaan yang terjadi sehingga secara dini dapat melakukan berbagai persiapan untuk menyelamatkan diri guna menghindari terjadinya korban jiwa. Lanjutnya, kepada kita semua untuk dapat mengambil hikmah dari bencana yang terjadi, tetap bersyukur atas segala ujian, bersabar, dan tabah dalam menghadapi bencana dan juga berharap untuk mengembangkan terus sikap gotong royong dan berempati pada korban terdampak bencana.

( Zun ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini