Tingkatkan Kapasitas BUMDesma Nganjuk , Kang Marhaen Dukung Demi Kemajuan Nganjuk .

 

Nganjuk , radarmerahputih.com - -Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA menjadi narasumber acara pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) seluruh Kabupaten Nganjuk, acara  berlangsung di Hotel Merah 2, Sarangan, Kabupaten Magetan Jumat  malam (26/11/2021).


Sesuai agenda tersebut, Kang Marhaen mendorong para pengelola BUMDesma di Kota Bayu agar semakin optimal dalam bekerja. Terutama mengoptimalkan berbagai potensi lokal yang ada di wilayahnya.

Perlu diketahui , BUMDesma merupakan badan usaha yang mengelola dana dari pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebelum menjadi BUMDesma, lembaga tersebut dulunya adalah pengelola Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Beberapa materi penting yang disampaikan Kang Marhaen. Di antaranya adalah terkait kebijakan strategis Kabupaten Nganjuk, dan teori kepemimpinan. Selanjutnya kebijakan perlindungan dan pelestarian hasil kegiatan, teknik penanganan masalah dan teknik pemeriksaan, serta pengawasan.

"Hal tersebut demi kemajuan dan kesejahteraan BUMDes yang ada di desa," beber Kang Marhaen yang juga turut memberi motivasi kepada peserta.

Selaku orang nomor satu di Kota Bayu tersebut , Kang Marhaen berharap melalui kegiatan tersebut, BUMDesma dapat mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus mampu mengelola dan memetakan potensi-potensi desa. Sebab hal itu juga sebagai cara peningkatan dan pendapatan desa.


"Apalagi, di era digitalisasi seperti saat ini. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia sangat memberikan dampak besar untuk kelembagaan BUMDes itu sendiri," pungkas Kang Marhaen. 


Menurut Kang Marhaen, potensi desa yang dikelola melalui BUMDes harus betul-betul ditangani SDM yang profesional. " Karena apabila BUMDes dikelola dengan baik, bisa mendapatkan keuntungan untuk meningkatkan ekonomi di desa tersebut," imbuh Kang Marhaen sambil berharap peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan, dan dapat langsung diterapkan.

"Dan kami juga berpesan untuk menjaga kekompakkan demi mendukung dan mewujudkan Kabupaten Nganjuk yang maju dan bermartabat. Terutama dalam mendukung program pemerintah daerah," pungkasnya sambil menyebut beberapa proyek strategis yang harus didukung, yaitu Bendungan Semantok dan Kawasan Ekonomi Nganjuk (KEN). 

Ketua Asosiasi Kelembagaan Kabupaten  Nganjuk Suparlan, apresiasi dedikasi yang diberikan Kang Marhaen dalam acara tersebut

( Humas / sw)


Post a Comment

0 Comments