-->

Author Details

Wisata KBM Coban Talun menawarkan Delapan Wahana Unggulan

Thursday, November 11, 2021, November 11, 2021 WIB Last Updated 2021-11-11T14:08:24Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 






Malang ,radarmerahputih.com - Seiring dengan penurunan level daerah terkait covid 19, Malang raya mulai geliat untuk bangkit pariwisata nya.

Salah satu wisata alam yang cukup menyita perhatian masyarakat dan pada awal pembukaan dulu dikenal dengan nama bumi perkemahan Coban Talun.




Saat ini Buper wana wisata Coban Talun yang berlokasi di dusun Wonorejo Desa Tulungrejo masuk Kecamatan Bumiaji Kota Batu di bawah management perum perhutani Unit II Jatim yakni KBM (kesatuan bisnis mandiri) Jatim terus berbenah dan mempercantik diri untuk menyambut wisatawan lokal juga Nasional.



Menurut Syamsul selaku korwis (kordinator wisata) Coban Talun saat ditemui awak media (11/11/2021) menjelaskan tentang awal mula berdirinya wisata alam tersebut, " tahun 1990 dulu pertama kalinya kami membuka wisata alam ini, diatas lahan perhutani  seluas 40 ha diberi nama Bumi Perkemahan ".




" Saat itu, Buper Coban Talun hanya menawarkan wisata perkemahan sesuai dengan namanya hingga tahun 2015.

Dengan berjalannya waktu, kami menggandeng masyarakat lokal dekat lokasi untuk membuat sport serta berbagai wahana untuk menarik minat pengunjung ".

" Adapun dari ide-ide masyarakat seperti terlihat saat ini, ada delapan wahana yang cukup menarik minat wisatawan yakni wahana model bangunan pagupon, Apache, Taman bunga, Alas pinus, Rumah terbalik, Oyot, Ayunan serta goa Jepang ".

" Dari masing-masing wahana tersebut, tentunya ada tiket masuk sendiri-sendiri mulai rp.5000 sampai rp.10.000 dan setiap wahana ada kelompok yang mengelola. Total dari seluruh pegawai di area wisata Coban Talun ada sekitar 40 orang yang mengais rezeki di delapan wahana itu ".



Lebih jauh, "untuk pendapatan wisata Coban Talun pernah mencapai 1,6 miliar pada tahun 2019 sebelum pandemi dan tahun 2020 menurun drastis karena libur atau ditutup sekitar rp.400 juta serta tahun ini sampai bulan Nopember pendapatan kami masih sekitar rp.400 juta ".

" Saya berharap kedepannya, wisata alam Coban Talun menjadi wisata yang dicari pengunjung atau wisatawan.

Karena saat ini, wisata alam wilayah kota batu ada tiga yaitu Coban Talun, Coban Rais dan Gunung Banyak. Saya percaya dengan kita exis meningkatkan kwalitas wisata alam , Buper Coban Talun tidak akan sepi pengunjung". Terangnya pada Rmp.com

 (tim)

Komentar

Tampilkan

Terkini