-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Sharing Session Puluhan Kepala Desa di Nganjuk Pertanyakan Aturan Penyusunan APBDes 2022 ke PMD

Monday, December 27, 2021, December 27, 2021 WIB Last Updated 2021-12-28T01:31:06Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Nganjuk , radarmerahputih.com - Puluhan kepala desa/ perwakilan masing masing  kecamatan geruduk  kantor PMD  Kab Nganjuk , Senin ( 27/12/2021). mereka  membahas tentang penyusunan APBdes tahun 2022 yang harus dilaksanakan atau dikerjakan akhir tahun 2021 tepatnya tanggal 31 Desember 


 Dalam rangka Percepatan penyusunan APBDes untuk menindak lanjuti Permendes 114 .Karena terpola belum munculnya pagu indikatif dan aturan yang lain.Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan  Sharing Session Percepatan Penyusunan APBDes Tahun 2022. membahas pula Perpres 104 tahun 2021 yang sampai saat ini juknis belum turun .

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin tanggal 27  Desember  2021 bertempat di Aula Kantor PMD Kabupaten Nganjuk yang ada  di Jl Raya Madiun - Nganjuk .

 


Sharing session tersebut dihadiri oleh Tri Wahyu Kuncoro Plt kepala Dinas. PMD , Anik  Setyowati  Kabid Pemdes , Dwiana , Sutrisno , juga kepala desa se Kabupaten Nganjuk .


Menurut. Tri Wahyu Kuncoro selaku Plt Dinas PMD Kabupaten Nganjuk menyampaikan ," dalam hal ini kami sudah sepakat dengan teman teman kepala desa yang intinya sepakat untuk segera menyelesaikan Penyusunan APBDes tahun 2022 yang mengacu pada aturan Permendes 114   tahun 2014  , Memuat secara khusus berhubungan dengan siklus RKP ataupun APBDES  ," Ucap Tri Wahyu  Kuncoro kepada sejumlah awak media .


Berdasarkan evaluasi, Dana Desa tahun 2021 di beberapa desa  di kabupaten  Nganjuk  jawa  timur baru salur pada bulan Maret 2021. Salah satu kendala yang dihadapi adalah lambatnya penyelesaian Perdes ABPDes.


Plt Dinas PMD Tri  Wahyu Kuncoro  dalam acara Sharin Session tersebut memberikan  kiat-kiat dan strategi kepada  seluruh kepala desa dengan harapan dapat melaksanakan penyerapan Dana Desa anggaran tahun 2022 nanti,  diterapkan  sesuai kepentingan desa dan tidaka bertabrakan dengan aturan .


Dalam menyampaikan pengalaman penyaluran Dana Desa di Kabupaten  Nganjuk , Anik selaku Kabid Pemerintahan desa   mengemukakan bahwa dalam penyaluran Dana Desa tidak terlepas dari campur tangan Kecamatan. Kecamatan memegang peranan penting dan menjadi salah satu sebab penyaluran Dana Desa berjalan lancar .



Penyusunan APBDes adalah bagian dari tahapan perencanaan pembangunan desa yang dimulai dari  penyusunan RKPDes di bulan Juli hingga akhir September, kemudian APBDes ditetapkan 31 Desember. Ketergantungan desa terhadap supra desa paling terlihat pada penyusunan APBDes. Terutama terkait regulasi yang mengatur alokasi anggaran dan prioritas kebijakan pemerintah.


Pada acara sharing session tersebut, beberapa kepala desa  menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi dalam penyaluran Dana Desa serta faktor-faktor yang menjadikan penyusunan APBDes menjadi terlambat. 


Pada akhir acara disampaikan harapan, dengan adanya sharing session ini  Dana Desa Tahap I Tahun 2022  di seluruh Kabupaten Nganjuk jawa timur  dapat disalurkan pada bulan Januari 2022.


( Red ) .

Komentar

Tampilkan

Terkini