Bupati A Kader J Buka Secara Resmi MTQ ke XXIX tahun 2022 , Mencari Qori dan Qori'ah Terbaik Untuk Mrnjadi Duta di Tingkat Propinsi Hingga Nasional

 




Dompu, radarmerahputih.com -Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke XXIX Tingkat Kabupaten Dompu pada Tahun 2022 yang di selenggarakan di Lapangan Beringin Pemda Dompu pada  Kamis (20/01/2022) sekitar pukul 21.00 wita berlangsung khidmat. 


Dimana Bupati Dompu, Kader Jaelani secara resmi membuka kegiatan keagamaan tersebut dan  disambut secara meriah oleh lapisan masyarakat Kabupaten Dompu yang setia berada dan memadati lapangan beringin hingga ke jalan raya. Sebagai tanda dimulainya kegiatan keagamaan tersebut, Bupati Dompu Kader Jaelani menekan tombol siriner yang kemudian diiringi oleh suara letusan mercon secara bertubi-tubi.


Turut Hadir dalam kegiatan pembukaan MTQ antara lain Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST. MT, Dandim 1614/Dompu diwakili oleh Danramil 01 Kapten Inf. M. Yamin, Kapolres Dompu AKBP. Iwan Hidayat, SIK, Ketua DPRD Kab. Dompu. Andi Bachtiar, A. Md. Par, Kajari Dompu, Mei Abeto Harahap, SH. MH, Ketua Pengadilan Dompu Subai, S.H, M.H, Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP,  SKM, M.Kes, Ketua Pengadilan Agama Dompu, Staf ahli Bupati, Asisten lingkup Setda kab. Dompu, Kepala Kantor Kementrian Agama Dompu, Pimpinan OPD se- Kabupaten Dompu, Ketua TP PKK dan Ketua GOW Kabupaten Dompu, Ketua Organisasi Wanita Se-Kabupaten Dompu.


Selain itu turut hadir juga Kepala Bagian Lingkup setda Dompu, Pimpinan Cabang BRI Dompu, Pimpinan Cabang Bank NTB, Camat se Kabupaten Dompu, Kades, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat serta dihadiri oleh tiga Qori Internasional yakni Ustad H. Darwin Hasibuan, S. Pdi dari Medan, ustad H. Salman Amrillah, S. Pdi dari Bandung dan ustad Syamsuri Firdaus,S. Pdi dari Kabupaten Bima.


Sebelumnya, acara tersebut diawali dengan penampilan tim kasidah dan dilanjutkan dengan pembacaan kalam illahi oleh Qori internasional Ustad Samsuri Firdaus,S. Pdi, yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya dan lagu mars MTQ.


H. Burhan, SH selaku Ketua Panitia MTQ Ke XXIX Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2022 menyampaikan dalam laporannya, tujuan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke- XXIX Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2022 yakni untuk mencari Qori dan Qori'ah terbaik untuk menjadi duta dalam rangka mengikuti MTQ tingkat Provinsi NTB yang akan digelar pada bulan Maret 2022 di Kabupaten Lombok Timur.



Kata H. Burhan, kegiatan MTQ ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Dompu Nomor : 450/01/2022 tanggal 3 Januari 2022 tentang pembentukan panitia penyelenggaraan Tahun 2022 dan berdasarkan Surat Tilawatil Quran Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 45 1.15/10/data tahun 2021 tanggal 7 Mei tahun 2021.


Dengan semangat MTQ ke- XXIX tingkat Kabupaten Dompu ini, mari kita bina ukhuwah islamiyah dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa menuju masyarakat yang Mashur : mandiri sejahtera dan religius yang dilaksanakan mulai tanggal 20 hingga 26 Januari tahun 2022 mendatang. Dimana kegiatan MTQ ini akan dilaksanakan pada 3 Tempat yakni lapangan beringin Kantor Bupati Dompu sebagai arena utama, Masjid Agung Baiturrahman dan gedung PKK,"kata H. Burhan.


Sementara Bupati Dompu, Kader Jaelani dalam sambutannya menjelaskan, dengan dilaksanakan nya kegiatan MTQ ini merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat bumi nggahi rawi pahu. Dengan momentum ini tentunya menjadi awal yang baik bagi pemerintah daerah serta segenap elemen masyarakat untuk memelihara serta menumbuhkan kecintaan dalam membaca, mempelajari, memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dalam berbagai aktivitas kehidupan sesuai peran dan fungsi kita masing-masing untuk memilih Qori dan Qori'ah terbaik yang akan mengharumkan nama Kabupaten Dompu pada event yang lebih tinggi yakni ditingkat propinsi hingga Nasional.




"Ditengah kemunduran nilai-nilai sosial kemasyarakatan dengan berbagai persoalan yang dihadapi generasi muda kita seperti munculnya kenakalan remaja diantaranya adanya perilaku pemanahan liar, penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang serta perkelahian dan bentuk kenakalan lainnya, maka dengan adanya kegiatan MTQ ini diharapkan dapat mewujudkan generasi muda yang akhlak mulia dan mampu menjadi generasi yang menginspirasi hadirnya banyak kebaikan dalam kehidupan ini,"jelas Bupati Dompu.



"Anak muda harus memiliki kepahaman yang baik dan benar tentang isi dan kandungan Al-Quran sebagai pedoman atau acuan dalam berperilaku dan dapat berkontribusi bagi kemajuan serta perubahan daerah-daerah yang jauh lebih baik kedepannya,"ucap Bupati Dompu.


Selain itu juga, Lanjut Bupati Dompu, MTQ merupakan kegiatan yang sudah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat kita senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam upaya masyarakat agar mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam membangun nilai-nilai spiritualitas masyarakat di tengah berbagai cobaan dan tantangan kehidupan yang akan datang silih berganti gerah saat ini dan kedepannya.


Untuk itu Bupati Dompu mengajak pada semuanya, agar selama pelaksanaan MTQ nantinya agar mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan kesejukan batin bagi masyarakat, selain dari pada itu kegiatan MTQ juga dapat menjadi forum silaturahim yang bernilai positif dalam memperkuat bahkan memperkokoh rasa persaudaraan dalam ikatan dan Islamiyyah yang disadari bahwa penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan memotivasi masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Quran ini menjadi tolak ukur dinamika pembinaan seni membaca Al-quran khususnya di daerah Kabupaten Dompu.



"Al-Qur'an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji nilai-nilai ajarannya sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat. Maka dari itu semua ini perlu ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun non formal termasuk diantaranya melalui MTQ ke-29 tahun ini yang diselenggarakan secara berjenjang hingga pada tingkat internasional,"ujar Bupati AKJ.


Pada akhir sambutannya, Bupati Dompu juga meminta kepada para dewan hakam agar dapat bekerja sportif sesuai dengan harapan kita semua untuk bisa mencari para Qori dan Qoriah terbaik untuk dilanjutkan pada tingkat provinsi kedepannya.


"Saya juga meminta kepada para peserta agar bisa menjaga sportifitas dan tetap mengacu aturan dari panitia. Kita semua juga harus bisa menjaga keamanan,"pinta Bupati Dompu.


( Zun ) 

Post a Comment

0 Comments