-->

Author Details

Kang Marhaen Serahkan Bantuan 241 Ekor Kambing Kepada 11 LMDH

Monday, January 3, 2022, January 03, 2022 WIB Last Updated 2022-01-03T15:32:41Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Nganjuk, radarmerahputih.com -Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA menyerahkan bantuan sebanyak 241 ekor kambing kepada sebelas Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) maupun Kelompok Masyarakat Desa Hutan (KMDH) wilayah utara Kota Bayu, Kamis (30/12/2021).


Bantuan tersebut merupakan program kelola sosial Agroforestry Tebu Mandiri (ATM) Perhutani, untuk pengembangan LMDH dan KMDH yang ada di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani Jombang dan Nganjuk.


Acara penyerahan bantuan dilaksanakan di tengah hutan wilayah utara Kabupaten Nganjuk. Tepatnya di hutan yang terletak di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngujung Barat, Kecamatan Gondang.


Turut hadir mendampingi Kang Marhaen, Kepala Divisi Regional (Divre) Perhutani Jawa Timur, Kurniawan Purwanto Sanjaya. Serta Administratur Perhutani KPH Jombang, Muklisin. Kemudian Camat Gondang, Drs. Darmantono, Kepala Desa Ngujung Suhardi, dan perwakilan LMDH dan KMDH wilayah Kabupaten Nganjuk utara.


Administratur Perhutani KPH Jombang Muklisin menjelaskan, pihaknya mendapat amanah dari Kementerian BUMN dan Kementerian Lingkungan Hiduo dan Kehutanan (LHK) untuk bisa memenuhi kebutuhan gula. Caranya dengan menanam tebu melalui sosial ATM.



"Maka kami dorong LMDH dan KMDH agar semakin produktif mengelola hutan. Dengan mencukupi kebutuhan gula melalui tebu ATM ini. Dan juga dari ternak kambing yang kami serahkan," ujar Muklisin.


Menanggapi penyerahan bantuan kambing tersebut, Plt Bupati Kang Marhaen mengaku bangga. Sebab kegiatan tersebut melibatkan banyak masyarakat. Apalagi bagi hasil keuntungan juga cukup tinggi. Yaitu sebesar 10 persen.


"Alhamdulillah banyak program dari sektor vertikal yang hadir di Kabupaten Nganjuk. Perhutani berupaya menyejahterakan masyarakat dengan memberi bantuan 241 ekor kambing senilai Rp 350,5 juta," tutur Kang Marhaen.


"Harapan kami, kambing-kambing ini dijaga. Jangan dipindahtangankan, jaga amanah ini. Dan jangan lupa, bentuk koperasi yang berbadan hukum, untuk pengelolaan yang lebih baik dan maksimal," tambahnya.


Selain penyerahan bantuan ratusan ekor kambing, di sela kegiatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon secara simbolis oleh para tamu undangan yang hadir. Termasuk juga pemberian santunan kepada 17 anak yatim setempat.

( Red ) 


Komentar

Tampilkan

Terkini