-->

Author Details

Kunjungi CV Tri Utami Jaya, Menteri KOPUKM Support Penuh Produk Industri Kelor NTB

Saturday, January 15, 2022, January 15, 2022 WIB Last Updated 2022-01-15T11:55:41Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Mataram radarmerahputih.com  - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki akan mensupport maksimal CV Tri Utami Jaya sebagai produsen produk olahan kelor di Nusa Tenggara Barat.


Teten Masduki secara terbuka mengajak kerjasama CV Tri Utami Jaya untuk mengembangkan dan memperbanyak produk olahan dari bahan baku daun kelor tersebut. 


"Ini produk yang sangat bagus, pasarnya sangat luas tapi belum dikembangkan secara maksimal, oleh karena itu saya mengajak CV Tri Utami Jaya untuk bekerjasama dalam mengembangkan produk kelor ini," ujar Teten Masduki saat berkunjung ke CV Tri Utami Jaya, Mataram NTB, Kamis (13/01) kemarin. 


Teten sengaja berkunjung ke industri Kelor untuk melihat secara langsung proses pengolahan kelor menjadi produk yang bermacam-macam dengan kemasan yang sudah mampu bersaing dengan produk kelas atas lainnya. 


"Ini adalah produk kebanggaan NTB dan produk andalan Indonesia," kata Teten.


Menurut Teten, bisnis Kelor sangat bagus karena kelor di Indonesia mudah tumbuh dimana saja dan Ini adalah super food. Kandungan proteinnya sekitar 7 kali lipat dari daging sapi dan vitamin A nya lebih tinggi 7 kali lipat dari telur ayam. 


Di dalam negeri pun, kata Teten, kelor bisa menjadi solusi untuk mengatasi stunting. Permintaan global juga sangat bagus karena kandungan gizi dari kelor sangat melimpah. 


"Secara global, kelor sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Permintaan pasar bisa bisa lebih banyak jika melihat jumlah 270 juta penduduk Indonesia," ujar Teten.


Jika rata-rata konsumsi kelor penduduk 1 ons saja per orang maka akan membutuhkan 270 juta ons kelor.


Jika kelor bisa konsisten masuk ke pasar luar negeri, contoh saja China yang penduduknya mencapai sekitar 1,3 miliar, maka hasilnya akan luarbiasa. Ini pasar yang sangat menjanjikan dan membutuhkan bahan baku dan produk yang cukup banyak. 


"Ini potensi ekonominya sangat besar cuma belum digarap dengan baik, Saya senang ini produknya sangat bagus," kata Teten. 


Lanjut Teten, Kelor ini manfaatnya sangat besar, menggantikan kebutuhan gizi masyarakat baik itu protein hewani maupun protein nabati. Termasuk kandungan mineral, vitamin dan zat besi yang sangat tinggi yang melebihi 25 kali kandungan zat besi dari bayam.


Kelor juga bisa diolah menjadi berbagai macam produk, seperti teh, kopi, Berbagai macam minuman, kue, mie, dan banyak lagi. 


Sementara itu di waktu yang sama, Owner CV Tri Utami Jaya Nasrin H Muhtar, mengatakan, bahwa penjualan produk olahan kelor ini telah dijual di sejumlah hotel lokal Lombok dan akan dipromosikan juga di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. 


Selain itu produk ini juga masuk dan dijual melalui sistem online atau market place baik itu produk yang baru maupun yang lama. 


"Untuk pasar nasional, kita punya agen, reseller dan distributor di 27 provinsi di Indonesia," kata Nasrin.


Kemudian produk kelor ini juga masuk di beberapa perusahaan atau apotik yang tersebar di seluruh Indonesia. 


Sementara untuk pasar eksport, CV Tri Utami Jaya telah mengirim sampel produk ke 30 negara, dan yang sudah repeat order atau memesan secara kontinyu adalah Swedia, Turki dan Madrid. 


 Saat ini juga negara seperti Nigeria, Cameroon dan Canada akan menjadi tujuan eksport produk CV Tri Utami Jaya bahkan akan menyasar pasar Eropa.

( Zun ) .

Komentar

Tampilkan

Terkini