-->

Author Details

Cegah DBD , Yuni Marhaen Ajak Masyarakat Kertosono Jaga kebersihan .

Friday, March 25, 2022, March 25, 2022 WIB Last Updated 2022-04-12T06:06:03Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Nganjuk, radarmerahputih.com - Dalam rangka mengantisipasi merebaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Bayu, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Nganjuk keliling desa untuk melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Sri Wahyuni, SE wakil ketua 1 TP PKK Nganjuk didampingi Camat Kertosono, Mashudi Nurul Huda, S.Stp, MM dan Kepala Puskesmas Kertosono, dr. Rio Kasino berkunjung ke Desa Kutorejo, Kecamatan Kertosono, Kamis (24/03/2022).


Sri Wahyuni Marhaen dalam arahanya  mengajak masyarakat Kutorejo untuk mencegah DBD, yakni dengan memanfaatkan tanah pekarangannya agar ditanami tumbuhan bunga lavender serta menjaga kebersihan lingkungan. 

Sebelum PSN, Yuni Marhaen bersama Pengurus PKK dan DWP Kertosono melakukan senam  bersama. ) 

“Karena hal tersebut bisa mencegah merebaknya DBD. Untuk itu, kami himbau kepada masyarakat Kutorejo untuk mewaspadai potensi merebaknya nyamuk aedes aegypti yang membawa penyakit ini,” terangnya.

Masih menurutnya , ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah DBD. Misalnya dengan fogging atau pengasapan. Kemudian PSN guna mencegah nyamuk aedes aegypti berkembang biak. “Ayo, kita galakkan Jumat bersih dengan PSN,” ujar Yuni.

Dia juga menjelaskan pentingnya 5M di masa pandemi Covid-19. Akan tetapi untuk mewaspadai DBD, ibu tiga putra ini mengingatkan pentingnya 3M (menguras, menutup dan mengubur). 

“Kita juga harus peduli dengan kebersihan lingkungan, khususnya saluran atau tempat penampungan air,” katanya

Yuni Marhaen  juga memaparkan berbagai program untuk cegah stunting di Kabupaten Nganjuk, menurutnya hal ini sesuai dengan arahan Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin .

Sementara itu, Camat Kertosono, Mashudi Nurul Huda menambahkan bahwa pemilihan tempat di Desa Kutorejo ini dikarenakan adanya sejumlah kasus warga yang terserang penyakit Demam Berdarah. “Sehingga Gerakan PSN ini perlu digiatkan lagi,“ tambah Mashudi.

Hadir dalam acara tersebut pengurus PKK Kecamatan Kertosono, pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kecamatan Kertosono, kader PKK Desa Kutorejo dan tim Kesehatan Puskesmas Kertosono. 

( Adv/ sw )

Komentar

Tampilkan

Terkini