-->

Author Details

GERAKAN PENGHIJAUAN PERUMDA TIRTA KANJURUHAN 2022

Friday, March 25, 2022, March 25, 2022 WIB Last Updated 2022-03-25T13:21:44Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Malang ,radarmerahputih com - Perumda Tirta Kanjuruhan merupakan BUMD yang ditugaskan sebagai operator Pelayanan Air Minum yang memenuhi persyaratan kualitas, kuantitas, kontinuitas dan harga yang terjangkau bagi masyarakat Kabupaten Malang.

Untuk itu, semua sumber air yang dikelola Perumda Tirta Kanjuruhan, harus selalu dikelola dan dipelihara dengan baik, termasuk Sumber Pitu, yang terletak di Dusun Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang.

Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor :27/PRT/M/2016, pemanfaatan sumber daya air di Mata Air Sumber Pitu telah dikelola dengan benar, baik dari aspek perizinan maupun pengusahaan lahan.

Untuk meningkatkan sumber pendapatan asli daerah, sumber pitu sangat berpotensi untuk dikerjasamakan dengan BUMD yang membutuhkan, sesuai dengan Pasal 18 , Ayat (5) Peraturan Menteri PUPR Nomor 27/PRT/M/2016 yang menetapkan bahwa apabila Air Baku terletakdi luar batas wilayah kabupaten/kota yang bersangkutan, 

Pemerintah Daerah terkait dapat melakukan kerjasama antar daerah. Dalam rangka memelihara dan menjaga ketersediaan air baku yang berkesinambungan, maka kami melaksanakan kegiatan Gerakan Penghijauan bekerjasama dengan PWI Malang Raya, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan HUT Persatuan 

Wartawan Indonesia ke-76, memperingati Hari Air Dunia ke-30, serta rangkaian kegiatan HUT Ke-41 Perumda Tirta Kanjuruhan Tahun 2022.



DASAR PELAKSANAAN KEGIATAN

Keputusan Bupati Malang Nomor: 188.45/736/KEP/35.07.013/2021 Tentang Rencana Kerja Dan Anggaran Perusahaan Umum Daerah Tirta Kanjuruhan Tahun 2022.

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN

a. Melestarikan potensi sumber-sumber air,

b. Membangun sinergitas kelembagaan dalam upaya memelihara kelestarian lingkungan

c. Sebagai sarana edukasi untuk peningkatan kepedulian dan peran individu terhadap lingkungan.

TEMA KEGIATAN  “Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan " 

PELAKSANAAN KEGIATAN

Tahun ini, kegiatan Penanaman Pohon sekaligus Resik-resik Sumber Air Perumda Tirta Kanjuruhan,diprioritaskan pada 26 titik sumber air, khususnya yang berada di Malang Selatan.

Sedangkan pelaksanaannya dimulai tanggal 18 s/d 21 Maret 2022, sebagai berikut :

a. Pada tanggal 18 Maret 2022, telah dilaksanakan penanaman Pohon Durian, Sukun, alpukat, dan beringin di Sumber ....... sejumlah ..... batang

b. Pada tanggal 19 Maret 2022, telah dilaksanakan penanaman Pohon..... di Sumber..... sejumlah ...batang

c. Pada tanggal 21 Maret 2022, telah dilaksanakan penanaman Pohon  di Sumber , sejumlah...batang

d. Dan pada hari ini, Jum’at 25 Maret 2022, akan dilaksanakan simbolis penanaman pohon durian sebanyak 1.000 batang pada potensi lahan Perum Perhutani KPH Malang seluas ± lima hektar, yang merupakan Catchment Area Sumber Pitu.

Sedangkan penanaman pohon pada area tersebut akan melibatkan 64 orang pesanggem

MITRA KERJASAMA

Kegiatan Penanaman Pohon kami laksanakan bekerjasama dengan :

a. Perum Perhutani KPH Malang

b. Perum Jasa Tirta I

c. Kecamatan Tumpang dan Poncokusumo

d. Pemerintah Desa Duwet Krajan dan Wringin Anom

Peserta Kegiatan Gerakan Penghijauan Hari Ini dihadiri Oleh Bupati Malang, Wakil Bupati Malang, Forkopimda, Dewan Pengawas Perumda Tirta Kanjuruhan, OPD terkait, Jajaran PWI, Jajaran Dinas Perhutani, dan Pesanggem yang seluruhnya berjumlah kurang lebih 200 orang.

Kegiatan hari ini juga kami rangkai dengan memberikan :

a. Santunan kepada 20 anak Yatim Piatu, dan

b. Sembako sebanyak 100 paket

Untuk masyarakat Desa Duwet Krajan dan Wringin Anom ( hms / tim ) .

Komentar

Tampilkan

Terkini