-->

Author Details

Membangkitkan Kesadaran Umat Dalam Bertransaksi Syariah

Thursday, April 28, 2022, April 28, 2022 WIB Last Updated 2022-04-28T08:03:37Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Penulis:Intan Nuraini (mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi bisnis universitas Muhammadiyah malang)


Malang ,Radarmerahputih.com - Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia yang sebagian besar masyarakatanya adalah muslim.sebagai seorang muslim dianjurkan bertransaksi sesuai syariat islam,dimana sudah tersedia wadah untuk bertransaksi syariah yang belakang ini dikenal dengan bank syariah.beberapa tahun belakangan ini bank syariah mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun meskipun begitu masih banyak masyarakat yang belum menggunakan jasa atau produk di bank syariah melainkan masih menabung pada bank konvesional yang sudah kentara keharaman pada praktik operasionalnya.

Meskipun masyarakat Indonesia mayoritas muslim akan tetapi bank konvesional jauh lebih unggul dari pada bank syariah.masyarakat lebih dominan bertransaksi menggunakan bank konvensional.hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bank syariah.selain itu ada beberapa kendala yang di hadapi oleh perbankan syariah yaitu Peraturan perbankan yang berlaku belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan operasional bank syariah, Jaringan kantor bank syariah yang belum luas, dan sumber Daya manusia yang mempunyai keahlian dalam bank syariah masih sedikit

untuk mengatasi kendala tersebut, diperlukan strategi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai produk, system, prosedur, dan  seluk beluk perbankan syariah. karena jaringan perbankan syariah akan tergantung pada besarnya permintaan masyarakat terhadap sistem perbankan ini. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menyampaikan pemahaman kepada masyarakat terkait Prinsip-prinsip bank syariah sesuai dengan syariat Islam Al-Qur'an dan Hadist, dan  pastinya telah terlepas dari prinsip-prinsip yang dilarang dalam operasional perbankan syariah seperti maysir (spekulasi), gharar (ketidakjelasan objek transaksi/barang), riba, dan bathil. prinsip bagi hasil ialah sistem yang melakukan perjanjian pada aktivitas usaha dengan memperoleh laba yang sudah disepakati bersama diawal antara ke 2 belah pihak yang bersangkutan. kemudian menyampaikan terkait prosedur perbankan syariah dan informasi tentang keunggulan ban syariah  juga termasuk pada strategi menaikkan minat menabung di bank syariah, pihak bank memberikan pemahaman dan  penerangan mengenai prosedur perbankan syariah yang menggunakan prinsip bagi hasil.

Selanjutnya hal yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat adalah dengan Memasarkan produk dengan menciptakan inovasi baru untuk meningkatkan kecepatan perkembangan produk perbankan syariah. Memasarkan produk yang berkualitas sesuai dengan pangsa pasar agar bisa bersaing dengan bank lain, Jika produk-produk berkembang maka pemasaran juga meningkat. Dengan beberapa strategi tersebut maka dengan begitu kemungkinan minat masyarakat dalam bertransaksi di bank syariah semakin meningkat.

( Intan ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini